Dry Shampoo, Solusi Praktis Rambut Lepek

Dry shampoo bisa bikin rambut kotor dan lepek OK lagi. Ada efek buruknya kah?

Entah itu karena ngga punya waktu, or you’re just plain lazy, keramas bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan karena membutuhkan banyak waktu untuk mengeringkan rambut. And as we grow older, sometimes we just don’t have that much time to spare. Thank God ada yang namanya dry shampoo, every busy (or lazy) girl’s miracle product!

Dry-ShampooFoto: wayofliving.com

Sesuai dengan namanya, dry shampoo atau sampo kering adalah sampo yang bisa diaplikasikan di rambut tanpa penggunaan air. Pada dasarnya, komposisi dry shampoo terdiri dari kandungan-kandungan penyerap minyak (biasanya starch atau silica-based) yang dapat membantu membersihkan kotoran dan bau dari rambut tanpa perlu dibilas dengan air.

Dry shampoo tidak hanya berguna untuk rambut berminyak. Untuk rambut yang kering, mencuci rambut setiap hari malah bisa membuat rambut semakin kering lho. Karena itu, dry shampoo bisa menjadi alternatif keramas untuk menjaga rambut tetap sehat dan bersih.

Baca juga: Tips Mudah Merawat Rambut Kering Sering Diwarnai

Sebenarnya, dry shampoo bukanlah produk modern di dunia kecantikan. Sampo kering sudah diggunakan dari akhir abad ke-15 oleh orang-orang Asia yang menggunakan bubuk tanah liat di rambut! eek Pada awalnya, dry shampoo hanya digunakan untuk membersihkan minyak ekstra di rambut. Tetapi, dry shampoo versi modern sudah menambahkan manfaat-manfaat baru seperti memberikan volume untuk mengatasi rambut lepek.

Jadi, bagaimana cara pemakaiannya? Tinggal semprot atau taburkan dry shampoo pada akar-akar rambut, lalu gunakan jari untuk meratakan shampoo. Biarkan beberapa menit untuk menyerap, kemudian sisir rambut dari akar untuk menghilangkan sisa bubuk. 

Tapi, bukan berarti dengan menggunakan dry shampoo kamu nggak usah lagi mencuci rambut selamanya ya lol. Kalau keseringan pakai dry shampoo, kulit kepala bisa menjadi kering, gatal atau lebih parahnya lagi, ketombean. Makanya disarankan untuk membatasi pemakaian sampo kering, maksimal 3-4 kali dalam seminggu.

Di Indonesia, sampo kering sudah cukup banyak dipasarkan di online shop, mall maupun pasar-pasar tradisional. Juga ada banyak tutorial DIY dry shampoo di internet yang simpel dan mudah dipraktikkan. Cek dry shampoo yang dapat rating paling tinggi dari pembaca FD kalau kamu masih hunting produk yang cocok untuk kamu.