Tips Keramas untuk Rambut Tipis

Sering keramas karena rambut tipismu selalu terlihat lepek? Baca dulu tips keramas untuk rambut tipis ini.

Punya rambut tipis dan ‘’jatuh’’ memang kadang menyebalkan. Padahal sudah niat bangun pagi untuk styling rambut, tapi belum sampai setengah hari hasil catokan sudah hilang dan rambut malah seperti nggak diapa-apain. Apalagi kalau rambut kamu adalah tipe yang kurang bervolume, kayaknya pingin dikeramasin tiap hari biar terlihat fresh terus! Padahal, keramas setiap hari bisa bikin rambut jadi kering, kan. Setelah utak-atik rambut sendiri dan baca beberapa referensi, ini dia cara keramas untuk rambut tipis yang bisa banget kamu lakukan.

Shampo Non Silicon -2

1. Pilih Non-Silicon Shampoo

Sampo dengan silikon memang akan membuat rambut kamu keliatan sehat karena efek shiny yang dihasilkan dan preventing frizzy hair. Tapi maaf banget, kalau ternyata sampo dengan kandungan ini nggak cocok buat tipe rambut kita yang tipis ini. Sampo bersilikon lebih cocok untuk jenis  rambut tebal susah diatur karena khasiatnya yang bisa bikin rambut-rambut seperti itu calm, alias halus dan nggak terlihat berantakan.

Kalau jenis rambut kamu tipis, yang saya rasakan ketika menggunakan sampo jenis ini rambut malah terlihat weight down dan kadang juga bikin rambut bagian atas saya nempel-nempel. Duh! Setelah saya baca sana sini, ternyata hal Ini diakibatkan karena adanya penumpukan silikon di rambut, bisa saja karena kamu memakai sampo terlalu banyak atau simply sudah kelamaan menggunakan sampo bersilikon. Dan karena rambut kita tipis jadinya mudah banget terlihat di permukaan kepala. Pokoknya nggak banget!

tips-rambut-lepek-tipis-1

2. Tuang Sampo Secara Perlahan

Waktu kamu sudah siap untuk menyuci rambut, kamu nggak perlu nafsu langsung menuang sampo seabrek di telapak tangan kamu untuk kamu gosokkan di kepala. Nasihat hair stylist saya saat mampir ke salon waktu itu, seharusnya cukup tuang sedikit-sedikit baru diusapkan ke kepala. Selain untuk menghindari rambut yang cepat kering, kamu jadi nggak harus sering-sering keramas karena rambut jadi nggak gampang terlihat ‘lepek’.

3. Usapkan Sampo di Kulit Kepala, Bukan Rambut

Buat saya ini kebiasaan yang membuat perubahan cukup signifikan yang bikin rambut awet dan nggak harus keramas sering-sering lagi. Usapkan sampo sedikit-sedikit saja ke kulit kepala sambil sedikit dipijat. Setelah itu buat kamu yang berhenti pakai conditioner karena takut rambutmu malah terlihat tambah lepek dan tipis, tenang, karena conditioner bisa kamu gunakan pada ujung-ujung rambut hingga setengah kepala aja, agar perawatan rambut tetap tepenuhi.

Jujur, awalnya malas untuk melakukan step by step di atas. Tapi pas ngerasa rambut tipis saya rontoknya mulai berkurang dan fine-fine saja saat nggak keramas setiap hari, rutinitas ini mantap saya lanjutan. But again, kondisi rambut setiap orang kan beda-beda, so selamat mencoba!