Theme Park dan Indoor Ski Terbesar di Dunia? Cuma di Dubai!

Masih dalam edisi traveling ke Dubai, kali ini saya akan share beberapa tempat wisata di Dubai yang seru banget untuk kamu kunjungi bersama teman-teman maupun keluarga!

1. IMG Worlds of Adventure

Waktu baru sampai di Dubai, billboard IMG Worlds of Adventure ini tersebar di seluruh penjuru Dubai. Mungkin karena indoor theme park terbesar di dunia ini masih terhitung baru, jadi gencar banget promosinya. Ngeliat billboard IMG Worlds ini memang bikin penasaran banget sih, karena wahana-wahananya memiliki tema berbeda-beda, yaitu Marvel (Avengers dan kawan-kawan), Lost Valley (dunia dinosaurus), Cartoon Network (Powerpuff Girls, Adventure Time, Oggy and The Cockroach, etc), IMG Boulevard (The Haunted Hotel), dan NOVO Cinemas (3D Cinema). Jangankan anak-anak, saya yang udah segede gini aja excited ke IMG Worlds! :D

SAMSUNG CAMERA PICTURES SAMSUNG CAMERA PICTURESSalah satu alasan kenapa Dubai merancang IMG Worlds sebagai indoor theme park adalah karena cuaca ekstrem Dubai di musim panas yang membuat orang-orang nggak akan kuat lama-lama di tempat outdoor. Panas mataharinya bisa mencapai 45 °C, jadi akan berasa seperti di oven banget kalau mereka naik roller coaster! Karena itu dibuatlah IMG Worlds, theme park yang bisa mereka nikmati sepanjang tahun.

Saat masuk ke IMG Worlds, saya langsung dong, menghampiri Haunted Hotel. Sok berani aja, pikir saya, mumpung rame-rame ini. Menurut Janeen Mansour, Marketing dari IMG Worlds, banyak orang yang menelepon untuk menanyakan berapa rate kamar di Haunted Hotel! Lol, padahal ini bukan penginapan, benar-benar cuma rumah hantu biasa.

Nah, di situlah saya salah. Haunted Hotel di IMG Worlds bukan rumah hantu biasa! Bisa dibilang ini rumah hantu terseram yang pernah saya datangi. Setting tempatnya dibuat seperti gaya Eropa abad 19, dengan cahaya remang-remang dan backsound yang creepy. Pertama-tama, kita dibawa masuk ke dalam sebuah elevator yang terbuka di ruangan yang gelap. Sama seperti rumah hantu lainnya, kita harus berjalan melewati ruangan demi ruangan dan mencari jalan keluar.

Hantunya gimana? Nah, jangan harap kamu cuma ketemu hantu-hantu cemen. Mulai dari hantu perempuan berlumuran darah yang mukanya rusak, dokter bedah yang menjadi zombie dan bawa-bawa pisau, sampai nenek-nenek tua dengan rambut setengah botak yang lagi merajut sambil memunggungi kita. Begitu kita lewat di belakangnya, si nenek langsung menoleh sambil mengeluarkan jeritan yang membuat saya kabur seada-adanya. Ada juga ruangan operasi yang penuh dengan potongan tubuh dan kepala manusia!

SAMSUNG CAMERA PICTURESScreen Shot 2017-01-04 at 1.56.07 PMKeluar dari Haunted Hotel, saya langsung jalan-jalan ke Marvel Zone dan Lost Valley. Atraksi yang seram-seram banyak terdapat di sini, sedangkan atraksi untuk anak-anak kebanyakan ada di Cartoon Network. Marvel Zone ini disulap menjadi seperti downtown New York, lengkap dengan atraksi dari masing-masing tokoh Avengers. Konon katanya, wahana paling menyeramkan di seluruh IMG Worlds adalah Thor Thunder Spin. Think Tornado di Dufan, dengan kecepatan maksimum dan putaran yang lebih ekstrem. Saya sih, mundur teratur begitu melihat wahana ini karena udah kebayang akan seenek apa!

Kalau kamu takut naik Thor Thunder Spin, wahana lain yang seru untuk dinaiki adalah Spiderman Doc Ock’s Revenge (semacam roller coaster mini berbentuk bulat dan kita akan berputar-putar 360 derajat sambil mengarungi trek), Avengers Battle of The Ultron (simulasi 5D), Avengers Flight of The Quinjets, dan Hulk Epsilon Base 3D.

IMG Marvel Zone

Screen Shot 2017-01-04 at 5.07.19 PMIMG Theme ParkSelesai menjelajahi Marvel Zone, di sampingnya langsung ada Lost Valley Zone. Di sini ada Velociraptor, roller coaster setengah outdoor yang merupakan roller coaster terpanjang di IMG Worlds. Lost Valley Zone ini dipenuhi robot dinosaurus yang bergerak-gerak dan setting tempatnya membuat kita seolah berada di hutan. Senangnya adalah, setiap wahana di IMG Worlds semuanya dilengkapi dengan souvenir store yang barang-barangnya super lucu, jadi kalau kamu lagi mau break sebentar dari naik wahana, bisa langsung belanja di souvenir store.

Harga tiket masuk IMG Worlds dibanderol sebesar AED 300 (Rp1.100.000) untuk dewasa dan AED 250 (Rp925.000) untuk anak-anak. Totally worth it!

2. Dubai Parks & Resorts

Dubai Parks & Resorts adalah satu area yang mencakup tiga theme park berbeda yaitu Legoland, Motiongate, dan juga Bollywood Parks. Sayangnya, waktu saya ke sana, theme park Bollywood Parks belum dibuka, jadi saya hanya sempat jalan-jalan di Legoland dan Motiongate. Dubai Parks & Resorts ini baru saja buka selama tiga hari waktu saya datang!

Kalau kamu traveling bersama anak-anak, Legoland adalah must-visit destination. Ada Lego Factory, Lost Kingdom Adventure di mana kamu bisa masuk ke istana Lego dan naik mini roller coaster, berperan jadi pemadam kebakaran, dan main air di Legoland Water Parks!

SAMSUNG CAMERA PICTURESMelipir sedikit ke Motiongate, theme park yang satu ini mengambil tema studio-studio besar di Hollywood seperti Columbia Pictures, Lionsgate, dan DreamWorks. Jadi bisa ditebak dong, wahana di dalamnya juga terinspirasi dari film-film yang diproduksi oleh studio-studio tersebut.

Hari itu, saya hanya sempat menjelajah area Columbia Pictures. Dimulai dengan menaiki roller coaster The Green Hornet: High Speed Chase dan dilanjutkan dengan masuk ke Hotel Transylvania. Saya bisa bilang kalau Motiongate ini sangat kids-friendly, tapi cukup seru juga untuk orang dewasa. Setelah itu saya berjalan-jalan di Smurfs Village yang imut-imut, naik wahana simulator tembak-tembakan di 4D Ghostbusters: The Battle of New York, dan ditutup dengan Zombieland Blast Off!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Screen Shot 2017-01-04 at 2.49.17 PM

Screen Shot 2017-01-04 at 2.57.53 PMScreen Shot 2017-01-04 at 3.48.50 PMScreen Shot 2017-01-04 at 3.21.15 PMLihat nggak, kursi penumpang yang ada di ujung atas menara? Nah, dari ketinggian 58 meter, kita akan dijatuhkan ke bawah ala-ala terjun bebas, kemudian naik lagi untuk dijatuhkan berkali-kali. Rasanya jantung kayak ketinggalan di atas! Mungkin wahana ini adalah wahana paling seram di Motiongate, karena itu kayaknya nggak afdol kalau nggak dinaiki. Setelah turun wahana, dada rasanya masih deg-degan selama beberapa menit. Cocok banget buat kamu yang hobi naik atraksi-atraksi yang memicu adrenalin.

Wahana-wahana dari film seperti Kung Fu Panda, The Hunger Games, Madagascar, Shrek, dan lain-lain akan dibuka mulai tahun 2017 ini dan saya sudah bisa ngebayangin pasti akan seru banget. Pastikan kamu punya waktu yang lowong saat mengunjungi Motiongate di Dubai Parks & Resorts ini karena beberapa jam aja nggak cukup, butuh waktu seharian full untuk bisa menikmati semua wahana.

3. Ski Dubai

Nah, kalau yang satu ini adalah pengalaman unik yang cuma bisa kamu dapatkan di Dubai! Berlokasi di Mall of the Emirates, Ski Dubai adalah indoor ski terbesar di dunia yang letaknya persis di tengah-tengah mall. Jadi, kamu bisa jadi tontonan pengunjung saat main salju, hihihi.

Di ski Dubai, kamu nggak hanya bisa main salju, tetapi juga mencoba banyak permainan-permainan seru seperti papan seluncur, flying fox, kereta gantung, bahkan berenang dan bertemu penguin! Buat yang tertarik untuk belajar ski juga bisa ikutan ski school dengan bantuan instruktur profesional. Nanti pelan-pelan kamu akan diajak naik ke puncak bukit dan meluncur ke bawah!

Tiket masuk Ski Dubai tergantung harga paketnya, tetapi untuk kisaran umumnya dibanderol sekitar AED 330 (Rp1.200.000).

Women walking by Ski Dubai

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Screen Shot 2017-01-04 at 4.18.24 PM

Screen Shot 2017-01-04 at 4.39.44 PMNah, tiga tempat di atas adalah destinasi yang menurut saya wajib banget dikunjungi kalau kamu berkesempatan untuk traveling ke Dubai. Untuk rekomendasi tempat wisata Dubai lainnya, bisa langsung baca di artikel 3 Destinasi Liburan Khas Timur Tengah di Dubai. Tunggu rekomendasi lainnya dari saya, ya!