Umur Brush Makeup Murah Vs Mahal

Kalau keunggulan brush makeup mahal, udah banyak yang tahu ya. Walau pricey, in most cases brush makeup mahal bisa jadi investasi puluhan tahun. Nah, gimana dengan brush makeup murah? Ini pengalaman saya.

Mundur beberapa tahun ke belakang, menurut saya yang “megang” banget soal brush terjangkau adalah makeup brush keluaran E.L.F dan Ecotools. Brush keluaran dua brand ini banyak di rave di YouTube, dan waktu belum banyak yang jual di Indonesia, saya udah koleksi brush E.L.F dan Ecotools mulai 2012. My boyfriend used to live in the States, jadi belinya nitip langsung di sana :D

Brush Ecotools yang saya punya adalah Ecotools 5 Piece Mineral Set ($10) dan Tapered Blush Brush ($7, discontinued). Sedangkan dari E.L.F, banyak banget sih yang saya beli titip sekitar tahun 2012-2013 itu, baik dari Essential line yang harganya $1 (sekarang jadi $4), maupun Studio line yang harganya (saat itu masih seragam) $3. Brush E.L.F yang saya keep sampai sekarang adalah E.L.F Essential Eye Shadow dan Eye Blending Brush, dan E.L.F Studio Angled Blush Brush.

brush-makeup-murah-1

Four Years Later…

Sekitar dua bulan lalu, atau empat tahun sejak dibeli, koleksi brush terjangkau senior ini baru mulai “goyah”. Blending brush Ecotools dan Angled Blush Brush E.L.F Studio saya copot ferrule-nya, dan ada lapisan gagangnya yang ngeletek.  Cuma dua ini, sedangkan yang lainnya masih utuh sempurna.

Baca juga: 3 Jenis Kuas untuk Foundation dan Fungsinya

Bear in mind, saya cukup telaten dalam merawat brush. Eye brush saya cuci minimal banget sebulan sekali, sedangkan brush untuk wajah satu kali pakai langsung saya cuci. Baik saya cuci dengan cara ini atau direndam, selalu saya usahakan untuk nggak kena ferrule-nya. Walau jujur kadang kalau lagi males, setelah dipisahkan sesuai jenisnya, brush makeup langsung saya cemplungin aja ke gelas isi air + shampoo lembut, nggak peduli kena ferrule-nya atau nggak hahaha #boo.

tips-hijab-untuk-pemula-1

So, dari pengalaman ini, yang bisa saya simpulkan adalah affordable brushes are not bad at all! 100 Ribu untuk empat brush Ecotools yang super lembut dan baru mulai “rusak” setelah empat tahun, menurut saya OK banget sih. Eye brush dari E.L.F Essential lebih “parah” lagi; cuma Rp10.000 tapi tahan bertahun-tahun, dan malah mengalahkan koleksi Studio line-nya yang menurut saya lebih kasar (makanya cuma saya keep satu dari sekian banyak). Dan, nggak satu pun di antara kuas-kuas ini yang pernah shedding di saya. Nope, not even once.

Mungkin kalau MUA, punya banyak pertimbangan dengan membeli brush mahal. Entah itu investasi, dan mungkin “branding” ke klien juga. Tapi kalau hanya untuk pemakaian pribadi, menurut saya makeup brush murah dari brand ternama nggak murahan, dan setimpal dengan harganya. Apalagi affordable brush “generasi baru” macam Real Techniques atau E.L.F yang range harga $6 ke atas, menurut saya akan jauh lebih awet lagi.

Affordable brush? Yes. MAC palsu satu set 25 ribu yang kayak sapu ijuk? Nah, itu beda lagi ceritanya ya :D

Baca juga: First Impression Real Techniques Brush Cleansing Palette