3 Skincare Alami Pengganti Eksfoliator Saat Traveling

Semua orang tahu pentingnya melakukan eksfoliasi kulit. Tapi saat traveling, malas sekali membawa banyak skincare, termasuk exfoliator. Jangan khawatir, karena ada bahan-bahan alami yang mudah ditemui dan bisa digunakan sebagai pengganti produk eksfoliasi.

Eksfoliasi adalah proses mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit dengan lebih mendalam. Rutin melakukan eksfoliasi membuat kulit lebih bersih, sehingga skincare yang kita pakai sehari-hari bisa lebih optimal kerjanya. Hasilnya kulit terasa lebih halus, cerah, komedo dan jerawat juga jarang datang.

body scrub artikel

Akhir-akhir ini, produk exfoliator berbentuk liquid atau acid toner sedang sangat populer. Tapi saya sendiri masih setia pada physhical exfoliator berupa face scrub. Sampai saat ini, saya belum pernah sukses menggunakan acid toner. Entah karena saya memang nggak cocok, atau memang saya belum menemukan produk yang tepat saja.

Aktifitas scrubing wajah ini biasanya saya lakukan satu sampai dua kali dalam satu minggu. Saya juga melakukannya sehabis memakai makeup tebal dalam waktu yang lama, atau habis melakukan aktivitas outdor yang membuat kulit tertempel banyak debu (misalnya naik ojek jarak jauh). Produk scrub muka yang sedang saya gunakan saat ini adalah Skinfood Black Sugar Mask Wash Off.

Tapi kalau saat traveling, saya biasanya benar-benar memangkas barang bawaan, termasuk skincare. Salah satu skincare yang saya tinggalkan adalah produk scrub. Tapi bukan berarti saya nggak melakukan scrubing saat traveling ya. Saya tetap melakukan dengan menggunakan bahan-bahan skincare alami sebagai pengganti.

Baca juga: Rekomendasi Scrub Wajah Alami Tanpa Plastik

Ada 3 bahan pengganti yang paling sering saya pakai saat traveling, karena bahan-bahan ini pasti ada di semua hotel atau rumah tempat saya singgah:

1. Gula pasir

Ini bahan favorit saya. Bahkan Skinfood Black Sugar Mask yang biasa saya gunakan juga menggunakan bahan dasar gula. Gula dapat melembapkan dan menghidrasi kulit secara efektif. Jadi scrub dengan bahan dasar gula, memang cocok banget digunakan untuk pemilik kulit kering seperti saya.

Baca juga: 3 Rekomendasi Scrub Berbahan Dasar Gula

Sebenarnya, cara paling nyaman menggunakan gula sebagai scrub adalah dengan mencampurkannya dengan minyak zaitun, virgin coconut oil, grapessed oil, atau almond oil. Tapi kalau sedang traveling, tentunya saya juga nggak bawa minyak-minyakan tersebut. Saya biasa mencampurkan gula pasir dengan sabun muka yang sedang saya pakai. Pijit perlahan dengan gerakan melingkar pada wajah, dan kemudian bilas sampai bersih.

2. Bubuk kopi

Kopi mempunyai sifat anti peradangan, memperlancar peredaran darah, dan dapat mengurangi lingkaran hitam di bawah mata. Selain itu, menurut saya aroma kopi juga sangat enak dan menenangkan. Selain menggunakan bubuk kopi sendiri sebagai scrub, terkadang saya juga suka menambahkannya dalam scrub gula sebagai tambahan manfaat dan aroma.

Cara pemakaiannya adalah dengan mencampur bubuk kopi dengan sedikit air sampai tekturnya mengental. Nah, pasta kopi tersebut digunakan sebagai scrub wajah. Setelah memijat wajah dengan scrub kopi, diamkan sejenak selama 10 – 15 menit, baru kemudian bilas sampai bersih.

3. Teh

Daun teh mempunya banyak manfaat untuk kulit. Di antaranya adalah mengencangkan, mencerahkan, menenangkan, membantu mengatasi jerawat dan juga menghilangkan mata sembap. Daun teh juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Saya suka sekali minum teh. Biasanya sih teh celup saja karena praktis. Setelah teh diseduh, tea bag-nya jangan dibuang. Buka dan keluarkan daun tehnya, letakkan di telapak tangan, lalu usapkan pada wajah sambil dipijit-pijit pelan dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 10 – 15 menit, lalu bilas hingga bersih.