Mengatasi Kulit Berminyak yang Dehidrasi

Berbeda dengan kulit kering, dehidrasi adalah kondisi kulit yang terjadi hanya sementara. Dehidrasi nggak cuma bisa terjadi pada kulit kering, tetapi juga kulit berminyak.

Supaya gampang membedakan kulit kering dan kulit dehidrasi, ingat saja bahwa dehidrasi adalah temporary skin condition yang terjadi karena beberapa faktor. Entah itu acne treatment, faktor cuaca, terlalu banyak mengonsumsi minuman beralkohol, atau se-simple memakai produk skincare yang terlalu irritating. Masalah utama kulit dehidrasi adalah kurangnya kadar air yang diperlukan kulit supaya tetap lembap.

DSCF12241. Pakai Face Mist

Face mist adalah skin booster paling praktis dan aman yang bisa digunakan untuk memberi ekstra hidrasi pada kulit tanpa membuat breakout. Teksturnya yang berbentuk air juga sangat ringan dan kamu nggak perlu takut pori-pori tersumbat. Sebisa mungkin, cari face mist dengan soothing ingredients dan formula non-alkohol. Semprotkan di seluruh wajah setiap habis cuci muka dan tambahkan di siang hari, even di atas makeup, untuk hidrasi yang lebih maksimal.

2. Gunakan Hydrating Face Mask

Jauh-jauh dulu dari clay mask atau charcoal mask yang efeknya purifying dan tightening, karena kulit yang lagi dehidrasi perlu diberi face mask yang menenangkan. Sebagai perawatan tambahan, gunakan hydrating face mask sekali atau dua kali seminggu untuk pelan-pelan mengembalikan kondisi kulit normal kamu. Salah satu rekomendasi saya adalah KOSE Cosmeport Clear Turn yang mengandung hyaluronic acid dan kandungannya bebas fragrance maupun mineral oil.

3. Kurangi Pemakaian Acid Toner atau Obat Jerawat

Untuk kulit berminyak yang juga berjerawat, saat kulit sedang dehidrasi, kurangi dulu pemakaian acid toner dan obat jerawat yang berpotensi bikin kulit tambah kering. Opt for hydrating toner instead to layer hydration. Selain itu, kalau memang lagi perlu banget pakai obat jerawat yang mengandung BHA atau benzoyl peroxide, totolnya di spot yang tepat, jangan sampai kulit di sekeliling jerawat juga ikut kering dan tambah dehidrasi.