Pilih Dewy Look atau Matte Look?

Lebih pilih dewy look yang natural, atau matte look yang selalu terlihat flawless? Coba lihat perbedaannya di sini.

Dua gaya makeup yang paling populer sekarang ini adalah dewy look dan matte look. Saat membeli produk makeup, atau membaca artikel FD, pasti sering ketemu nih, dengan kata-kata “matte finish” atau “dewy finish”, “matte foundation” atau “dewy foundation”. Sebenernya apa sih bedanya kedua makeup style ini? Let’s find out!

1. Dewy Look

Think Miranda Kerr, or every single Korean Actress you know. Makeup look ini memang nge-hits gara-gara banyak artis Korea yang sering tampil dengan dewy makeup yang berkilau indah tanpa terkesan oily. Dewy look cocok untuk kamu yang ingin terlihat natural, glowing dan (yang paling penting) lebih muda.

soompi.comI mean, can you believe she is 36?! 

(Foto: soompi.com)

Untuk mendapatkan dewy look, dibutuhkan produk dengan dewy finish yang tidak akan menimbulkan kesan berat, seperti foundation Estee Lauder Double Wear To Go atau dewy setting spray dari NYX. Favorit saya adalah Korean BB Cushions, yang sangat gampang dibawa kemana-mana, dan dapat membuat tampilan wajah seperti tidak memakai makeup. Jangan lupa untuk sempurnakan look ini dengan gradient lips agar penampilanmu semakin oke ya!

Dewy look sangat cocok untuk kamu yang mempunyai kulit kering, karena dapat membuat kulit terlihat lebih lembab dan sehat. Nah, tapiiii (ada tapinya nih), modal utama tampilan dewy ini adalah kulit yang sudah bagus, karena look ini gampang menonjolkan jerawat, pori-pori dan noda di wajah. Remember, semuanya dimulai dengan “clean canvas” alias kulit yang bersih.

Baca Juga: 10 Steps Korean Skin Care Routine

Dewy look juga tidak begitu cocok untuk dipakai saat beraktifitas diluar, terutama buat yang sering naik motor atau jalan kaki, karena debu asap selalu sukses nempel di kulit, alhasil dewy look nya jadi kusam cry. Bagi yang mempunyai kulit berminyak juga sering disaranin untuk menghindari look ini karena bisa membuat muka terlihat lebih shiny (in a very bad way). Alternatifnya bagi yang kulitnya berminyak, bisa pilih hasil satin finish.

Baca juga: 4 Foundation Drugstore untuk Kulit Berminyak

2. Matte Look

On the other hand, matte look tidak akan memberikan efek mengilap pada wajah, sehingga cocok diaplikasikan untuk semua jenis kulit. Dandanan matte memperhalus tampilan kulit sehingga wajah terlihat flawless. Tambahkan lagi eyeshadow dan lipstik matte, dan tadahh… kamu sudah bisa menjadi Kylie Jenner 2.0, versi Indonesia deh hehehe razz

o-KYLIE-JENNER-facebookFoto: Facebook Kylie Jenner

Matte look ini banyak disukai wanita Indonesia karena jika diaplikasikan dengan baik, wajah bisa terlihat elegan dan smooth. Dari segi coverage, foundation matte biasa tergolong medium to full coverage, jadi cocok untuk kamu yang ingin menyamarkan kekurangan di wajah. It’s my lifesaving look when my pimples are acting up!

Produk makeup berjenis matte juga sangat variatif dan dijamin kamu tidak akan kesulitan menemukan makeup products yang sesuai dengan kebutuhanmu. Namun, yang saya nggak suka tentang matte look ini adalah kesannya yang tebal dan tidak natural. Dengan matte look, kadang saya bahkan bisa terlihat 5 tahun lebih dua, which, depending on the situation, can be a good or bad thing confused

Kesimpulan

Hmm… being the indecisive person that I am, susah ya kalau disuruh pilih. Saya sendiri sering gonta-ganti di antara kedua makeup looks ini, tergantung pada situasi dan mood. Untuk makeup sehari-hari sih, saya lebih suka dewy look yang lebih simpel. Tapi kalau ada acara atau pesta (atau lagi nggak males), matte look yang flawless is my go-to! Well, either way, mau dewy atau matte look, yang paling penting adalah memilih gaya makeup yang cocok untuk penampilanmu sendiri.

Nah, kalau kamu, team dewy or team matte nih? biggrin