Tips Menutupi Jerawat dengan Concealer

Derita punya kulit acne-prone, kalau kulit lagi kalem bisa kalem banget, kalau lagi kumat, ya kumat banget. So, menutupi jerawat dengan concealer sudah jadi makanan sehari-hari kalau kulit lagi bermasalah.

Sebenarnya saya nggak setiap hari juga pakai concealer, karena sering juga saya merasa ketika breakout mending dibiarin aja deh, kulitnya. Nggak usah dikasih makeup apa-apa, minimal satu layer tipis bedak tabur at the very least. Tapi kalau hari itu ada agenda liputan, meeting, atau syuting video, tentu jerawatnya harus ditutup pakai concealer andalan saya. Berikut trik-trik yang selalu saya lakukan:

Baca juga: Tips Memilih Concealer untuk Jerawat dan Undereye

http://beautybargainista.com/blog/cover-up-zits-makeup/1. Kompres dengan Es Batu

Ini sudah pernah saya mention di artikel “4 Cara Mengompres Jerawat Paling Ampuh”. Bahkan cystic acne sekalipun seenggaknya akan berkurang kemerahannya kalau dikompres dengan es batu. Step ini biasanya saya lakukan kalau jerawat saya lagi radang-radangnya. Malah, kalau jerawatnya nyut-nyutan, setelah dikompres nyut-nyutannya suka hilang, lho.

2. Oleskan Pelembap

Nggak bisa dipungkiri kalau hampir semua acne treatment bikin kulit jadi kering. “Memaksa” jerawat terlalu kering juga sebenarnya nggak bagus karena bisa memicu iritasi, karena itu kamu harus tetap memakai pelembap di atas jerawat. Apalagi kalau jerawatnya mau ditutup dengan concealer setelahnya. Hindari memakai spot treatment di pagi hari karena akan membuat makeup jadi susah menempel.

Baca juga: Obat Jerawat Bikin Kulit Kering? Coba Trik Ini

3. Pilih Concealer Bertekstur Tebal

The thicker, the better. Kalau teksturnya terlalu cair, biasanya tingkat coverage-nya nggak akan cukup untuk menutupi jerawat. Selain itu, concealer yang terlalu watery akan susah menutupi jerawat yang sudah keluar “mata”-nya. Pilih concealer berbentuk krim atau liquid yang padat supaya jerawat bisa tertutup dengan maksimal.

4. Gunakan Warna yang Tepat

Jerawat yang permukaannya nggak terlalu menonjol di permukaan kulit lebih gampang untuk disamarkan dibanding jerawat yang masih ada “mata”-nya. Jangan lupa untuk aplikasikan concealer secara rata di surrounding areas jerawat kamu yang memerah, tapi jangan sampai tone-nya berbeda dengan kulit normal di sekeliling jerawat.

5. Set dengan Bedak Warna Kulit

Dari pengalaman saya, mengunci concealer dengan translucent powder kadang suka menampilkan bias warna putih yang aneh. Bedak yang warnanya senada dengan kulit lebih bisa meng-cover jerawat tanpa membuat semacam whitecast yang justru malah membuat jerawat semakin terlihat.

Baca juga: 3 Concealer Bagus di Bawah Rp 150 Ribu