Scrub Natural Favorit untuk Pori-Pori Bersih

Scrub natural ini udah sebulan saya pakai sebagai physical sekaligus chemical exfoliator, dan fix banget jadi salah satu skincare favorit saya di 2016!

Entah kenapa, saya nggak pernah cocok sama exfoliating toner. Hada Labo Tamagohada Mild Peeling Lotion dan Paula’s Choice 2% BHA Liquid adalah sejumlah exfoliating toner hits yang sayangnya kurang sukses di saya. Untuk eksfoliasi, selama ini saya pakai combo AHA/ tretinoin di krim malam, plus Cure Natural Aqua Gel beberapa kali seminggu.

Oktober kemarin, akhirnya Juara Radiance Enzyme Scrub (Rp535.000,-) masuk juga ke Indonesia. Jauh-jauh hari, produk ini lumayan bikin saya kepo, karena menarik banget: bisa dipakai sebagai scrub natural, bisa juga jadi exfoliating mask! Belum banyak model produk exfoliating physical-chemical seperti ini yang accessible di Indonesia; contoh dari brand lain (yang juga favorit Affi) adalah Menard Herbmask.

Juara-radiance-enzyme-scrub-review-2

Seperti banyak produk Juara lainnya, Juara Radiance Enzyme Scrub ini 100% vegan, bebas mineral oil, pewarna dan paraben. Key ingredients-nya adalah scrub bambu sebagai physical exfoliator, dan enzim apel sebagai chemical exfoliator. Menurut founder Juara, Metta Murdaya, butiran scrub-nya dibuat nggak sama besar, jadi efek exfoliating-nya lebih maksimal. Pertama kali pakai, saya langsung suka sama tekstur gel produk ini, tapi begitu di-massage ke wajah, saya ngerasa butiran scrub-nya ini cukup terasa gesekannya, jadi tekanan tangan kita jangan terlalu keras.

Baca juga: Paraben, Alkohol, Mineral Oil dalam Kosmetik, Berbahaya?

Juara-radiance-enzyme-scrub-review-1

Saya pakai Juara Radiance Enzyme Scrub ini baik sebagai scrub biasa, atau didiamkan sekitar tiga menit sebagai masker. Saya jauh lebih suka hasilnya saat dipakai sebagai scrub sih. Setelah pemakaian rutin sekitar sebulan, ini ngebantu banget menghaluskan area sekitar hidung saya yang suka kasar dan pori-porinya tampak jelas. Tentunya tekstur muka juga jadi lebih halus. Klaim brightening dari produk ini sih saya belum kerasa hasil yang wah ya. In general,  bekas jerawat saya juga udah terbantu dengan AHA/ tretinoin, jadi kalau mau expect wajah jauh lebih cerah dengan scrub ini terlalu muluk kayaknya.

Huahh senangnya saya bisa nemu skincare natural yang nggak bikin saya beruntusan! Juara Radiance Enzyme Scrub ini sudah saya pakai kurang-lebih sebulan terakhir sebagai physical sekaligus chemical exfoliator di skincare routine saya, and I can say this has become one of my 2016 favorites :D

Baca juga: Rekomendasi Scrub Wajah Alami Tanpa Plastik