4 Mitos Tentang Kulit Berminyak

Memiliki kulit berminyak membuat kamu takut-takut dalam memilih produk dan melakukan segala cara agar minyak di wajahmu terkontrol. Tapi apakah yang kamu lakukan sudah benar?

Saat ingin membeli produk untuk wajah, kamu juga jadi berpikir dua kali karena takut kalau menggunakannya wajah kamu akan makin berminyak atau pori-pori kamu makin terlihat besar. Kamu jadi berasumsi sendiri menggunakan produk-produk oil-free agar tampilan wajah tidak tampak mengkilap. Apakah kamu pernah mendengar beberapa mitos mengenai kulit berminyak di bawah ini? Kalau kamu sudah terlanjur terpengaruh, kamu harus membaca dulu penjelasannya.

Mengatur Budget Skincare untuk Usia 20-an

1. Menggunakan Facial Oil akan Membuat Kulitmu Makin Berminyak

Mungkin dilema ini muncul bagi kamu yang memiliki kulit berminyak dan cenderung berjerawat. Pingin sekali mencoba khasiat argan oil dan rosehip oil untuk membantu pemulihan wajahmu tapi takut kalau nanti malah makin berminyak. Menggunakan facial oil sah sah saja kok untuk wajah berminyak, asal kamu tahu cara memilih dan menggunakannya. Meskipun beberapa produk facial oil mengklaim diri mereka sebagai produk yang cocok untuk segala jenis kulit, ternyata nggak semuanya lho. Kulit berminyak bisa pilih oil yang tinggi kandungan linoleic acid-nya, seperti grapeseed oil dan sunflower oil. Gunakan di malam hari aja ya.

Baca juga: Oil Cleansing Method, Cara Cuci Muka Tanpa Sabun

2. Pakai Makeup Serba Matte

“Kalau pakai foundation yang matte finish kan bisa menahan minyak.” Hmm.. apakah kamu yakin? Pakai mattifying primer, bedak tebal, dan foundation yang matte pada kulit berminyak justru malah membuat kulit berminyakmu lebih kentara lho. Karena perannya yang membuat wajah kamu “kering” akan memperlihatkan transisi kulit dari matte ke berminyak.

Saat menggunakan foundation matte, nggak berarti wajahmu berhenti memproduksi minyak, kan? Oleh karena itu, seperti saran MUA Guerlain, Laurent Noel, disarankan untuk menggunakan foundation yang satin finish saja. Karena saat kulitmu menghasilkan minyak alami, jadinya nggak begitu kentara perbadaannya beberapa jam kemudian.

3. Menggunakan Highlighter bikin Wajahmu Tambah Mengilap!

Untuk yang satu ini memang sedikit tricky, karena kalau salah menempatkannya wajah kamu memang akan jadi terlihat lebih berminyak ketika menggunakan highlighter. Kalau kamu tau penempatan yang tepat, highlighter bisa menjadi dekorasi makeup yang aman kok. Karena sebenarnya kulit yang terlihat glowing sama kulit berminyak kan beda ya. So, gak perlu takut. Kamu hanya perlu mengetahui cara yang tepat untuk memakai highlighter bagi kulit berminyak.

ponds-kulit-belang-2

4. Tidak Perlu Menggunakan Moisturizer

Basi banget ya, tapi kalau masih ada yang percaya, ini salah banget lho. Ada teori yang mengatakan bahwa sebenarnya kulit wajah kita bisa mengetahui keadaannya sendiri kok. Ketika kamu tidak menggunakan moisturizer, kulit wajah akan bereaksi seolah wajahmu terus memerlukan minyak sehingga ia pun terus memproduksi minyak. Namun ketika kamu mengaplikasikan moisturizer pada wajah dan kulit sudah lembap, kulit wajah bisa mengontrol pengeluaran minyak dengan sendirinya.

Kalau nggak nyaman dengan pelembap yang thick, pilih pelembap berbentuk gel seperti Hada Labo Perfect 3D Gel.