banner-detik

diet fat loss

5 Cemilan Sehat yang Cocok Untuk Diet

seo-img-article

Bosan sayur-sayuran dan buah-buahan? Cobain deh lima cemilan sehat (dan yummy!) ini.

Ketika sedang diet, salah satu godaan terbesar pasti adalah cemilan. Yang bisa dipikirkan hanya pisang goreng, sate, keripik, martabak, puding coklat… aduh, pokoknya banyak deh! Bingung kan kalau begini? Nah, untuk kamu yang doyan ngemil, berikut adalah lima cemilan sehat yang bisa kamu makan saat lagi diet.

1. Agar-Agar

agar agarFoto: marineagar.net

Bukan hanya enak dan mudah dibuat, agar-agar sangat cocok untuk diet karena mempunyai kandungan serat yang tinggi. Serat ini dapat membantu melancarkan pencernaan dan membersihkan racun dari tubuh. Agar-agar juga termasuk “appetite suppressant”, yang berarti setelah dikonsumsi, bisa mengenyangkan perut lebih lama dan tidak membuat kita pengen ngemil terus. Don’t worry, agar-agar juga rendah kalori kok, sehingga sanggup membuat perutmu bahagia sambil menjaga pinggangmu tetap kecil.

2. Kacang-Kacangan

kacang kacangFoto: superindo.co.id

Eiittss… bukan semua jenis kacang boleh dimakan lho! Kacang yang telah dicampur dengan garam, tepung atau gula (alias kacang yang sering kamu beli di supermarket) mengandung kadar lemak yang tinggi, dan bisa mengacaukan diet kalau dimakan terlalu banyak. Kacang tanpa bahan-bahan extra ini tidak hanya lezat dan bernutrisi, tetapi juga bisa membuat kita merasa lebih cepat kenyang dan rasa kenyang itu memungkinkan kita untuk tidak mengonsumsi makanan lebih. Karena itu, kacang adalah cemilan cocok untuk kamu yang lagi mencoba menurunkan berat badan.

Popcorn

myfitnesspal-popcorn-toppings
Foto: blog.myfitnesspal.com

Pilihlah popcorn yang rasa original atau yang tidak terlalu banyak diberi karamel, mentega atau bahan pelengkap lainnya. Or better, buatlah plain popcorn sendiri di rumah! Karena bahan dasarnya adalah jagung yang mengandung banyak serat, popcorn dapat menurukan risiko penyakit kardiovaskular, kolesterol darah dan bahkan diabetes tipe 2. Popcorn yang sebenarnya berkalori rendah (kira-kira hanya 31 kalori per cup lho!) boleh banget dijadikan cemilan sehat.

Dark Chocolate

dark chocolateFoto: healthylivingmadesimple.com

Wajar kan, kalau lagi diet pengen banget makan yang manis-manis? Nah, dark chocolate has got you covered! Dark chocolate, atau coklat hitam, berbeda dengan coklat pada umumnya karena mengandung flavonoids yang berfungsi mengatur gula darah dan menurunkan berat badan. Dark chocolate juga mengandung persentasi cocoa yang lebih tinggi dari jenis-jenis coklat yang lainnya, membuatnya kaya akan antioksidan. Bukan hanya oke dimakan sewaktu diet, dark chocolate juga sudah terkenal sangat bagus untuk kesehatan secara keseluruhan. Jangan lupa, pilih dark chocolate dengan persentasi minimal 60% ya.

Es Krim

ice creamFoto: dailyburn.com

Seiring dengan perkembangan teknologi, es-krim sudah ada banyak yang rendah lemak dan rendah kalori yang tentunya bisa dijadikan cemilan cocok untuk diet! Riset mengatakan bahwa kalsium yang terdapat di dalam es-krim bisa membantu kita menurunkan berat badan lho. Malah ketika tubuh kita tidak mendapatkan cukup kalsium, bisa memicu sel-sel lemak untuk store lemak di dalam tubuh. Karena itu, es krim sebenarnya bisa menjadi cemilan yang diet-friendly, asalkan tidak dimakan terlalu banyak. Remember, moderation is key!

So that’s it, 5 cemilan sehat yang walaupun enak, tidak akan merusak jadwal dietmu. Apakah kamu ada rekomendasi cemilan-cemilan sehat yang lain? Let me know in the comments below!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment