banner-detik

face primer

Benarkah Silikon Buruk untuk Kulit?

seo-img-article

Selalu ada sisi pro dan kontra mengenai produk dengan bahan dasar silikon. Yuk, cari tahu apakah sebenarnya silikon buruk untuk kulit.

Ketika saya mencari review mengenai primer bagus, salah satu topik yang muncul adalah bahan dasar silikon dipercaya buruk untuk kulit. Ada yang beropini bahwa silikon bisa menyebabkan kulit iritasi dan penyebab timbulnya jerawat. Nah, sebelum men-judge kalau silikon itu buruk untuk kulit, kita bahas dulu yuk, sebenarnya apa itu silikon dan produk apa saja yang mengandung silikon.

SilikonSilikon adalah sebuah bahan kimia yang sering digunakan dalam produk kecantikan seperti shampoo, conditioner, foundation, primer wajah, skincare atau produk makeup yang sifatnya waterproof. Karena silikon memiliki partikel yang cukup besar, jadi bahan ini tidak bisa menyerap ke dalam lapisan kulit. Bila digunakan pada wajah, silikon akan bekerja sebagai lapisan tambahan pada kulit yang berguna sebagai pelindung extra.

Dalam produk kecantikan, primer merupakan produk yang mampu menahan produksi minyak berlebih pada wajah. Selain itu, primer juga berfungsi untuk “mengisi” pori-pori pada wajah, untuk menghasilkan makeup yang lebih flawless. Silikon juga yang membuat sebuah produk kecantikan menjadi waterproof dan juga sweat proof.

Itu tadi adalah kelebihan silikon dalam produk kecantikan, bagaimana dengan kekurangannya?

Karena produk ini digunakan sebagai penahan minyak alami pada wajah, kemungkinan terjadinya pori-pori tersumbat juga cukup besar. Kalau pori-pori tersumbat, akibatnya adalah timbulnya jerawat pada area wajah. Maka dari itu, ketika kita menggunakan produk kecantikan dengan bahan dasar silikon, proses membersihkan wajah nggak bisa sembarangan. Pembersihan wajah harus secara tuntas, dan baiknya melakukan double cleansing supaya sisa skincare, makeup, dan debu terangkat secara tuntas

Jadi benarkah silikon buruk untuk kulit?
Saya yang memiliki kulit sensitif selama ini menggunakan primer dengan bahan utama silikon aman-aman saja. Sudah hampir satu bulan belakangan ini saya menggunakan  Monistat Complete Care Chafing Relief Powder Geldan so far, produk ini nggak bikin kulit saya iritasi atau breakout. Jadi menurut saya penggunaan skincare atau makeup dengan bahan dasar silikon nggak buruk untuk kulit, yang penting membersihkannya dengan baik dan benar 🙂

Slow Down

Please wait a moment to post another comment