banner-detik

makeup

Tips Makeup Untuk Pengguna Kacamata

seo-img-article

Memakai kacamata bukan berarti nggak perlu pakai makeup lho! Dengan makeup yang tepat, pemakai kacamata bisa terlihat stylish dan fresh.

Banyak yang berpikiran kalau sedang pakai kacamata, nggak perlu pakai makeup. Karena toh percuma, makeup-nya bakalan ketutupan kacamata juga. Apalagi kalau model kacamatanya lebar dengan bingkai yang tebal. Padahal menurut saya, pengguna kacamata itu wajib pakai makeup. Paling enggak, sedikit deh! Biar muka kelihatan segar, nggak kucel dan nggak kelihatan “kutu buku” banget :D.

IMG_0148 (2)

Tapi saat ber-makeup, tetap harus memperhatikan beberapa hal yah. Salah-salah, bukannya fresh, wajah kita malah terlihat berat dan capek. Berikut adalah beberapa tips makeup untuk pengguna kacamata:

1. Oleskan face primer pada area bawah mata, cuping hidung bagian atas, dan pelipis.

Karena kulit saya kering, saya biasanya skip penggunaan primer. Tapi kalau sedang memakai kacamata, paling tidak oleskan primer pada daerah-daerah yang terkena bingkai kacamata. Fungsinya agar base makeup pada daerah tersebut nggak gampang bergeser karena tekanan bingkai kacamata.

2. Skip foundation dan aplikasikan concealer berwarna satu tingkat lebih terang di area bawah mata.

Oleskan foundation pada seluruh wajah, tapi skip area bawah mata, ya. Area tersebut adalah area yang akan sering tertekan atau tergesek bingkai kacamata. Jadi usahakan jangan menumpuk terlalu banyak layer makeup, agar nggak gampang cakey. Cukup kenakan concealer dengan warna satu tingkat lebih terang. Karena kunci dari makeup ini adalah, area dalam bingkai kacamata yang terlihat terang dan clean! Concealer berwarna terang penting banget untuk meng-highlight area bawah mata. Kalau bawah mata terlalu hitam/ gelap, gunakan corector warna oranye dulu sebelum menggunakan concealer

3. Alis adalah kunci!

Pakai kacamata bukan berarti kita bisa bikin alis asal-asalan. Justru menurut saya, alis harus terlihat tegas dan rapi, agar nggak kebanting sama bingkai kacamata kita.

IMG_0151

4. Pilih eyeshadow warna terang dan winged eyeliner.

Lupakan dulu tehnik smokey eyes atau pemakaian eyeshadow dengan warna-warna gelap. Bukannya terlihat seksi, malah bikin mata terlihat berat. Sebaiknya pilih shimmery eyeshadow dengan warna terang untuk bagian kelopak mata, lalu aplikasikan winged eyeliner dengan garis yang tipis pada garis mata bagian atas.

Saya suka melihat winged eyeliner yang diaplikasikan dibalik kacamata. Winged eyeliner ini membuat riasan mata nggak terlalu plain. Tapi garisnya tipis-tipis saja, agar nggak terkesan terlalu berat. Pilih liquid eyeliner dengan bentuk pen yang ujungnya runcing, agar mudah membuat winged eyeliner yang tipis dan runcing. Untuk garis mata bagian bawah, ulaskan eyeliner pensil warna nude.

5. Nggak perlu pakai bulu mata palsu.

Nggak nyaman banget pakai bulu mata palsu saat menggunakan kacamata. Bulu mata palsunya malah akan menabrak kacamata dan gampang copot. Bahkan kalau saya sih, nggak pakai maskara juga. Karena menurut saya percuma, nggak akan kelihatan.

6. Aplikasikan blush on dan bronzer di area luar kacamata.

Seperti yang saya bilang tadi, area di dalam bingkai kacamata harus tetap terlihat terang dan bersih. Jadi kalau mau memakai blush on dan bronzer, aplikasikan di luar bingkai kacamata saja. Agar nggak melewati batas, sebaiknya gunakan dulu kacamatamu sebelum memakai blush on dan bronzer.

Slow Down

Please wait a moment to post another comment