Berbagai Manfaat Timun untuk Kulit

Tinggal di negara yang cukup panas gini, bikin timun jadi bahan yang bagus untuk kulit.

Apalagi  kalau kamu tahu gimana cara pakainya, timun nggak cuma sekadar sayuran yang bisa dimakan, dibikin lalap, jadi dekorasi makanan, atau salad, tapi timun juga punya banyak manfaat untuk kulit.

Timun diketahui memiliki kandungan air yang sangat banyak. Selain itu juga mengandung Vitamin C dan mineral seperti silica, potasium, dan magnesium. Timun juga terkenal dengan efeknya yang mendinginkan dan menyegarkan.

Ada beberapa cara lain untuk mendapat manfaat timun untuk kulit, di antaranya:

1. Untuk Mata Sembab

Potong tipis dan taruh timun di kedua sisi area mata dan gunakan sebagai masker untuk mengurangi mata sembab. Kandungan air dan sensasi mendinginkan timun akan merelaksasi mata kita. Selama menggunakan ini, kamu bisa berbaring dan bersantai selama sepuluh menit.

Jika kamu menggunakan masker pack, cari masker mata yang memiliki kandungan timun di dalamnya bisa sebagai alternatif.

timun-untuk-kulit

2. Menghilangkan Noda dan bekas jerawat

Campur timun yang sudah dihancurkan dengan air mawar dan 70% alkohol, terbukti efektif menghilangkan noda dan bekas jerawat.

3. Parut Timun untuk Membuat Masker Wjah

Timun punya efek mencerahkan dan meratakan warna kulit. Parut timun dan gunakan di seluruh wajah dan leher selama 15 menit untuk mendapatkan kulit glowing. Selain itu, timun juga bisa jadi pilihan tepat untuk menyegarkan kulit setelah sibuk seharian.

Untuk kulit kusam, campur parutan timun dengan air mawar dan sedikit perasan air lemon. Jangan dibuat terlalu cair, karena nanti susah digunakan sebagai masker.

4. Mengatasi Kulit Terbakar 

Bukan rahasia lagi jika timun terkenal dengan efeknya yang menyegarkan, jadi saat kamu merasa sudah berada di bawah sinar matahari terlalu lama dan kulitmu terbakar, potong timun dan tempelkan pada area tersebut untuk mempercepat proses penyembuhan. Lebih baik lagi kalau timun baru dikeluarkan dari kulkas.

Kamu punya produk yang mengandung timun yang kamu suka? Share di kolom komen ya!

(Artikel ini awalnya ditulis dalam bahasa Inggris oleh @desZell)