Wisata Medis Ke Thailand Semakin Diminati

Beberapa tahun terakhir ini, wisata medis ke Thailand telah menjadi tren di kalangan masyarakat Indonesia. Program kesehatan apa saja yang patut kita lirik?

Acara jalan-jalan ke Thailand yang baru saja saya lakukan beberapa minggu lalu, membawa pengalaman dan pengetahuan baru. Karena di sana, saya juga diajak mengunjungi beberapa tempat yang memang dikhususkan untuk para wisatawan yang ingin meraih kebugaran dan kesehatan paripurna.

Saat ini, jika kita menyebut wisata medis ke Thailand, maka di benak kita pun langsung terbayang kecanggihan operasi bedah kecantikan yang bisa dilakukan di banyak rumah sakit di sana. Namun, saat saya diajak berkeliling ke beberapa tempat di sana oleh Tourism Authority of Thailand (TAT), ternyata ada banyak program kesehatan maupun tindakan medis lain, selain operasi kecantikan, yang bisa kita lakukan di sana. Inilah beberapa tempat yang saya kunjungi di sana:

1.Panacee Wellness

Hari pertama di Thailand, saya langsung diajak ke Khao Yai, berjarak tempuh sekitar tiga jam perjalanan dengan kendaraan dari Kota Bangkok. Sekilas tentang Khao Yai ini, sebuah kota kecil yang dikelilingi bukit-bukit sehingga berhawa sejuk dan di sini juga terletak Taman Nasional Khao Yai.

My Ozone 1

Ketika akhirnya sampai di My Ozone Resort, tempat menginap saya untuk malam itu, hari sudah gelap. Namun, tak mengurangi aura cantik yang melingkupi tempat ini. Tepat kiranya dugaan saya! Keesokan paginya, sekitar pukul 05.30 pagi, saya pun bergegas membuka tirai jendela kamar tempat saya menginap. Dan sebuah panorama lapangan golf yang ditata cantik serta berlatar belakang  bukit-bukit hijau alami memesona terbentang di depan mata. It’s as beautiful as a postcard!

Panacee Wellness

Pagi itu, setelah breakfast, saya pun diajak melihat-lihat fasilitas My Ozone Resort. Tempat penginapan ini terletak dalam satu area dengan Panacee Wellness. Kedua bangunan ini tampak unik karena berbentuk seperti kastil ala zaman pertengahan di Eropa. Panacee Wellness menawarkan anti-aging and rejuvenation program. Beberapa program kesehatan yang ditawarkan di tempat ini antara lain: Advance Holistic Check Up Package, Far Infrared Sauna, Colon Hydrotherapy, Healthy Combination, Anti Oxidant, Liver Detox, Chelation, Vascular Therapy Program.

Panacee Wellness Kolase

Saya pun sempat mencoba check up kesehatan simple dengan menjalani timbang berat badan dan berat otot, serta blood test analysis. Hasilnya, menurut para dokter di sini 90% akurat, menunjukkan saya sedikit mengalami kelebihan berat badan, banyak menumpuk lemak di seputar perut dan kurang asupan nutrisi untuk sel-sel darah. Hmm, it reminds me to start a healthy lifestyle, have a healthy diet and do more exercise!

Ozone Organic Farm

Tempat ini juga didukung dengan beragam fasilitas lain, agar para klien yang melakukan medical check up atau menjalani program hidup sehat pun merasa nyaman. Untuk menyuplai kebutuhan sayur-mayur, Panacee Wellness juga memiliki kebun organik. Kemudian bagi mereka yang datang dalam rombongan besar (keluarga besar, outing kantor) juga tersedia fasilitas rental di Perumahan Toscana Village. Menurut saya, My Ozone Resort, Panacee Wellness dan juga Toscana Village bisa menjadi destinasi yang cocok bagi outing kantor-kantor besar. Selain bisa membangun keakraban bersama teman sekantor, sekaligus juga membangun gaya hidup sehat!

2. Yanhee International Hospital

Rumah sakit berstandar internasional ini terletak di tengah pusat kota Bangkok dan merupakan sebuah kompleks besar yang terdiri atas tiga gedung megah. Dari mulai kaki melangkah memasuki lobby depan rumah sakit, saya melihat banyak sekali calon pasien yang mau berobat, cek kesehatan maupun berkonsultasi dengan dokter. Pasien di Yanhee International Hospital pun berasal dari berbagai belahan dunia, mulai dari Arab Saudi, China, Myanmar, Vietnam, Malaysia dan juga Indonesia.

yanhee hospital 2

Sebagai rumah sakit berstandar internasional, maka Yanhee pun menyediakan tempat pendaftaran khusus bagi calon pasien dari mancanegara. Dan mereka pun sudah menyediakan seorang Liason Officer (LO) yang bisa berbahasa fasih sesuai dengan asal negara sang tamu. LO inilah yang akan membantu menemani calon pasien berkonsultasi dengan dokter di Rumah Sakit Yanhee. Nah, saya pun diajak berkeliling Yanhee International  Hospital ini sambil ditemani seorang LO yang fasih berbahasa Indonesia.

Yanhee Hospital Lobby

Kehadiran saya bersama rombongan media pun disambut dengan ramah oleh Dr. Ismael E. Naypa, Jr, Director of International Marketing Division Yanhee Hospital. Beliau menjelaskan tentang beragam fasilitas yang dimiliki . Yanhee Hospital berdiri dari tahun 1984 dan memiliki 600 tempat tidur, didukung 180 full-time dokter, 200 dokter part-time dan 2500 tenaga kesehatan profesional.

Rumah sakit ini juga telah mendapat akreditasi ISO 9001 sejak tahun 2000, Hospital Accreditation Thailand 2010, Joint Commision International USA sejak Januari 2011, dan dengan akreditasi ini maka pelayanan Yanhee Hospital setara dengan rumah sakit di Amerika Serikat. Kemudian Yanhee Hospital juga mendapat akreditasi Gold Trusted Brands 2012 dari Readers Digest The Ultimate Consumer Seal untuk kategori dokter kecantikan.

yanhee-hospital-suite-room

Sejak lama di kalangan masyarakat Indonesia, saya sering mendengar pernyataan seperti ini: Jika ingin operasi kecantikan,  ke Thailand saja! Dan memang semua beauty atau cosmetic surgery bisa dilakukan di Yanhee Hospital. Bahkan juga operasi ganti kelamin dari pria menjadi wanita atau bahkan wanita menjadi pria, juga bisa dilakukan di sini. Bahkan proses ganti kelamin yang cukup kompleks karena juga melibatkan tim psikologi ini juga telah didokumentasikan dan dipublikasikan oleh stasiun televisi National Geographic.

Saya diajak melihat Department Beauty and Skin di Yanhee Hospital. Pagi itu saya lihat ratusan pasien sudah duduk menunggu di area registrasi  yang menempati salah satu lantai yang luas di Yanhee Hospital. Jadi, jika kamu ingin membuat lipatan mata dengan eyelid surgery, dari mulai proses konsultasi hingga pelaksanaan operasi bisa dilakukan hanya dalam satu hari saja! Kemudian saya diajak melihat area ruang pemulihan bagi para pasien beauty surgery. Di dalam ruangan itu terlihat sekitar 20 tempat tidur berjajar. Menurut Suhree, LO yang menemani saya, Beauty Surgery Department ini memang selalu ramai dan paling banyak pasiennya. Wow, luar biasa!

Yanhee Hospital Ruang Pemulihan

Yanhee Hospital yang cukup luas dan memiliki banyak departemen kesehatan ini membutuhkan sebuah sistem untuk mengirim file-file medical record pasien dengan cepat. Sehingga para dokter yang terkait bisa saling mengetahui treatment pengobatan yang tepat untuk seorang pasien. Nah, keunikan dari Yanhee Hospital, di sini ada staf yang khusus mengantar file-file medical record. Mereka adalah perempuan-perempuan muda yang sangat gesit bergerak dari satu lantai ke lantai lain mengantarkan medical record para pasien ke para dokter yang membutuhkan. Mereka disebut sebagai Roller Skate Messenger. Saya pun sempat bertemu dan melihat aksi para kurir cantik itu.

Yanhee Roller Skate Messenger

Satu hal menarik lain yang saya temui di sini adalah Colon Hydrotherapy. Ini adalah treatment simple untuk mendetoks usus kita.  Prosesnya cuma berjalan 45 menit saja! Dan biayanya sangat terjangkau, konsultasi dan tindakan hanya sekitar 1000 baht atau setara dengan Rp400 ribu. Wah, saya pun berencana bila nanti berlibur ke Bangkok lagi, pada hari terakhir liburan, saya akan meluangkan waktu untuk melakukan Colon Hydrotherapy atau mungkin melakukan thread lift di Yanhee Hospital.

3. Phyathai 2 International Hospital

Kemudian saya juga diajak mengunjungi Phyathai Hospital yang juga terletak di Kota Bangkok. Rumah sakit ini walau tak terlalu besar tapi juga menawarkan service yang lengkap dan juga didukung oleh tenaga medis berkualitas. Phyathai 2 International Hospital menawarkan konsep Green Hospital, maksudnya rumah sakit ini dalam operasional sehari-harinya berusaha untuk mengurangi penggunaan energi serta menjaga lingkungan agar tidak tercemari oleh limbah medis.

phyathai 2 green hospital

Untuk memfasilitasi seluruh aspek layanan di rumah sakit ini, maka Phyathai 2 Hospital pun memiliki International Relation Center (IRC) dan International Correspondence Center (ICC). IRC ini boleh dibilang sama dengan seorang LO, dan di sini juga tersedia staf yang fasih berbahasa Inggris, Arab, China, Jerman, Kamboja, Perancis, Spanyol, Birma, Bangladesh dan beragam bahasa lain. Sedangkan staf ICC akan membantu menjawab pertanyaan para calon pasien dari mancanegara seputar fasilitas rumah sakit, sekaligus juga membantu menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan mulai dari perpanjangan visa, laporan medisi, hingga travel documents dari Kedutaan Besar.

Setiap klinik menawarkan kepada para pasien, komprehensif treatment dari mulai diagnosa hingga tindakan medis. Rumah sakit ini juga dilengkapi dengan beragam medical technology and equipment antara lain hybrid operating room, Magnetic 3 T, CT 64 Slices, Ultrasound 4D, Digital X-Rays, Digital Mammogram dan masih banyak lagi.

phyathai 2 hospital

Klinik atau Departemen yang ada di Phyathai 2 International Hospital ini antara lain: Beauty clinic, Dental Laser Center, Orthopedic Institute, ART (Assisted Reproductive Technology), Heart Center, Neurology Center, GI Center, Surgery Center dan juga Women Center.

Itulah sekilas informasi tentang wisata medis serta fasilitas dan layanan yang dimiliki oleh 2 rumah sakit ternama di Bangkok. Jika kamu membutukan konsultasi kesehatan dan kecantikan, maka wisata medis ke Thailand ini bisa jadi bahan pertimbangan karena kualitasnya sudah berstandar internasional.