Pilih Lipstick Matte atau Matte Lip Cream?

Ada dua pilihan varian matte lipstick yang bisa dipilih, matte lip cream yang berbentuk cair atau lipstick matte konvensional yang berbentuk stick.

Koleksi matte lip cream saya bisa dibilang cukup banyak. Hampir setiap ada brand yang mengeluarkan produk matte lip cream baru, terutama kalau brand lokal, saya pasti langsung gercep memburunya. Rasanya senang saja, mencoba-coba berbagai macam produk matte lip cream dari berbagai brand, dan membandingkan antara satu dengan yang lainnya. Dan ada kepuasan tersendiri saat melihat jajaran botol-botol lip cream di meja rias saya. Lebih puas lagi kalau saya berhasil mengumpulkan semua shade dalam suatu brand. Bukan cuma saya kan, yang punya obsesi dengan matte lip cream seperti ini? :D

Padahal pada kenyataannya, saya lebih sering menggunakan matte lipstick dengan bentuk stik yang konvensional ketimbang menggunakan matte lip cream. Untuk sehari-hari, saya jarang sekali menggunakan matte lip cream. Matte lip cream koleksi saya lebih sering saya gunakan untuk keperluan foto-foto, atau digunakan sesekali untuk acara spesial yang nggak butuh waktu lama.

Kenapa?

image source: parade.com

Image Source: Parade.com

Alasan utama saya lebih memilih produk lipstik konvensional adalah soal kenyamanan. Saya nggak suka sensasi powdery yang terkadang dihasilkan oleh sebagian besar produk matte lip cream. Kalau sudah timbul rasa powdery atau rasa bibir “tercengkram”, rasanya saya kepingin cepat-cepat menghapus lipstik tersebut dari bibir saya. Padahal, justru kelebihan matte lip cream yang digilai oleh kebanyakan orang adalah karena produk ini awet seperti cat, yang nggak akan geser dan nyeplak ke mana-mana. Tapi saya justru nggak betah dengan rasanya.

Alasan lain adalah karena saya susah melakukan touch-up saat menggunakan produk matte lip cream. Padahal setiap kali makan, apapun makanannya dan apapun produk lipstik yang sedang saya pakai, pasti warna lipstik di bibir saya akan banyak memudar atau bahkan terhapus.

Kalau saya sedang memakai matte lip cream, biasanya produknya nggak terhapus semua, tapi terkelupas di beberapa tempat, dan itu sangat nggak enak dilihat. Kalau mau langsung ditumpuk lagi dengan matte lip cream hasilnya juga bakalan jelek, teksturnya jadi nggak rata dan bibir malah kelihatan pecah-pecah dan nggak rapi. Jadi mau nggak mau harus dihapus dulu dengan menggunakan makeup remover, baru kemudian matte lip cream-nya diaplikasikan ulang.

Baca juga: Cara Cepat dan Murah Menghapus Liquid Matte Lipstick

IMG_0216

Tapi jangan salah, saya tetap suka kok dengan produk matte lip cream. Saya suka feel saat cream-nya diolesan ke bibir, saya suka aroma vanila yang seringkali saya temui pada banyak produk matte lip cream, saya suka pigmentasinya yang rata-rata sangat bagus, dan saya juga suka melihat berbagai macam desain botol dan kuasnya yang cantik-cantik. Sesekali saya juga menggunakan matte lip cream, walau nggak sesering ketika saya menggunakan lipstik biasa.

Kalau kamu, tim lip cream atau lipstick?