Ini Dia 3 Kebiasaan Sehari-hari yang Bikin Rambut Rontok

Sudah menangani rambut rontok dengan shampoo, tapi nggak membuahkan hasil? Mungkin tiga kebiasaan ini yang membuat rambut kamu rontok.

Masih ingatkah dengan artikel saya mengenai “Alasan Mengapa Perempuan Lebih Rentan Mengalami Kerontokan”? Dalam artikel tersebut, saya menyebutkan tiga permasalahan utama yang membuat rambut perempuan jadi lebih rentan terhadap kerontokan.

Namun, setelah saya selidiki lebih dalam, faktor yang membuat rambut rontok bukan hanya dari faktor psikis seperti stres, perubahan hormon, dan diet saja. Tapi ada kebiasaan-kebiasaan lain yang sering kita lakukan setiap hari yang menjadi penyebab rambut rontok. Apa saja faktor tersebut? Simak artikel berikut:

rambut rontok

Menguncir Rambut

Coba perhatikan deh kebiasaan ini, ketika menguncir rambut pasti kita maunya kencang, supaya awet seharian. Dan biasanya, setelah selesai menguncir, kita menarik rambut untuk lebih menguatkan ikatan. Bener nggak? Nah, kebiasaan ini nggak baik untuk akar dan folikel rambut. Tekanan dan tarikan ini bisa menyebabkan luka pada folikel rambut sehingga, rambut jadi lebih cepat rontok atau patah. Selain merusak rambut, mengikat terlalu kencang, juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Menyisir Rambut

Normalnya ketika menyisir, kita akan melakukannya dari akar sampai ujung rambutkan? Nah, ini langkah yang salah, karena biasanya ujung rambut lebih mudah kusut, maka kalau menyisir langsung dari akar, secara nggak langsung kita menarik rambut. Baiknya, ketika menyisir, pegang dulu bagian rambut tengah (sebatas kuping) lalu sisirlah bagian ujung rambut hingga kusut hilang, baru mulai sisir dari akar.

Memijat Kepala Terlalu Keras Saat Keramas

Ada yang pernah bilang ke saya, kalau keramas kulit kepala harus digosok dengan kuku supaya bersih. Memang benar kulit kepala jadi bersih. Tapi kalau ini sering dilakukan yang terjadi kulit kepala menjadi rapuh dan merusak folikel rambut dan menyebabkan kerontokan.

Itu dia tadi tiga kebiasaan yang sering kita lakukan yang bisa menjadi faktor rambut rontok. Sembari mengurangi kebiasaan ini, kamu bisa juga merawat rambut dengan menggunakan shampoo anti-hair fall seperti Dove Hair Fall Treatment, untuk membantu proses pemulihan folikel rambut yang rusak. Jadi #BeraniCobaLagi nggak untuk mengatasi masalah rambut rontok?