Rekomendasi Scrub Wajah Alami Tanpa Plastik

Belum lama ini, saya share lagi di Facebook FD artikel tentang larangan scrub plastik di AS yang akan mulai berlaku Juli 2017.

Memang sih, belum ada sounding peraturan ini bakal diadopsi juga di Indonesia, tapi paling nggak I wanna spread the awareness, apa sih kerugian dari scrub plastik itu. Dan ternyata banyak FD-ers yang share lagi artikel ini karena merasa isu ini memang penting. Thank you! :D

To be perfectly honest, selain isu lingkungan yang melatari masalah ini, saya sih nggak ada masalah dengan scrub plastik. Menurut saya mereka malah lebih lembut dibandingkan sejumlah jenis scrub alami. Tapi, kalau ada pilihan produk scrub yang lebih alami, efektif, sekaligus ramah lingkungan, why not?

Saya pribadi suka sama physical exfoliator, karena entah kenapa nggak pernah cocok sama exfoliating toner, dan saya suka sensasi deep cleansing dari scrub terlebih kalau habis pakai foundation.

Nah, kali ini saya mau share dua rekomendasi scrub wajah alami tanpa plastic beads yang bisa kamu coba, berapa pun budget kamu :)

scrub-wajah-bagus-alami-featured

Steal: Pond’s Clear Solutions AntiBacterial Facial Scrub

Yup, brand kesayangan banyak cewek ini pakai scrub alami, lho. Unilever, sebagai parent company Pond’s, bersama banyak perusahaan beauty dan personal care lain sudah komit untuk nggak menggunakan scrub plastik dalam produk mereka. Walaupun banyak aktivis yang ribut juga, karena kebijakannya masih terbatas sama produk cleansing aja. I guess it’s better than nothing, yah.

Sebagai ganti scrub plastik, Pond’s Clear Solutions AntiBacterial Facial Scrub ini (dan produk ber-scrub Pond’s lain) menggunakan hydrated silica. Apa sih itu? Kok kedengarannya nggak alami, Net? Hydrated silica ini sebenarnya terkandung di sejumlah benda alam seperti pasir (iya bener, pasir pantai) sampai bebatuan alam macam opal. Hydrated silica ini juga banyak digunakan dalam pasta gigi, karena sifatnya yang bisa “mengikis halus” permukaan di mana dia dipakai.

Info tambahan, sejumlah ingredients lain dari Pond’s Clear Solutions AntiBacterial Facial Scrub adalah kandungan clay dan daun Neem yang terkenal bagus untuk deep cleansing sekaligus anti-bakteri. Better nggak dipakai setiap hari karena bisa bikin mengeringkan kulit. Buat yang mau coba, harganya nggak sampai Rp30.000,- lho.

scrub-wajah-alami-bagus-2

Pond’s Vs WNG

Splurge: WNG Skin Benefits Weekly Polish

Sudah pernah denger brand lokal yang satu ini belum? Misi utama WNG sebenarnya adalah menyediakan skincare yang aman untuk expecting women, dan juga ibu hamil dan menyusui. Produk-produknya hanya menggunakan bahan alami dan tanpa filler ingredients yang nggak penting. You can check their complete range di wngskinbenefits.com.

Nah, yang udah saya coba adalah produk basic-nya seperti face cleanser dan toner. Selain itu saya juga udah coba Weekly Polish, physical exfoliator WNG yang menggunakan rosehip seed dan walnut shell powder. Teksturnya thick, creamy, namun butiran scrub-nya masih kerasa “nendang” kok. Untuk satu jar kemasan 50 gram ini, harganya adalah Rp300.000,-, dan menurut saya not too bad being all natural, and you literally only need a little for each use!

Sejumlah rekomendasi scrub alami lainnya bisa kamu lihat di artikel ini yah.