Memilih Serum Vitamin C Bagus untuk Kulit Sensitif

Mungkin kamu ingat saya pernah curhat tentang serum vitamin C bikin saya breakout.

Kambing hitamnya adalah OST C20 Serum, yang ternyata juga pernah membuat reaksi di kulit skincare guru FD, Affi Assegaf. Saat ngobrol dengan DesZell pun, dia mengamini dan bilang “memang nggak stabil banget tuh OST.”

No hate ya, mungkin memang kulit saya aja yang sensitif. Terus, ada nggak serum vitamin C yang bisa dipakai orang berkulit sensitif? Ada! Sumber vitamin C-nya yang harus diperhatikan. Walau terkenal potent, ascorbic acid memang bisa sedikit irritating bagi yang kulitnya sensi. Di kasus OST, saya perhatiin juga alkohol jadi salah satu komposisi utama setelah ascorbic acid. No wonder yah, kalo bisa jadi irritating.

Terus buat yang kulitnya sensitif , pilih sumber vitamin C apa dong, kak? Dari hasil riset saya, banyak derm merekomendasikan Magnesium Ascorbic Phosphate (MAP) atau Sodium Ascorbyl Phosphate (SAP). Dua bahan ini juga sudah di-mention oleh Affi di video Skincare 101 tentang vitamin C. Contoh produknya adalah Votre Peau Serum Vitamin C, Wardah C-Defence Face Mist, dan Probio-C High Potency Vitamin C Serum. Produk lokal semua! Wohoo!

serum-vitamin-c-bagus-murah

Hasil yang diberikan mungkin nggak secepat ascorbic acid, namun, MAP dan SAP ini punya banyak kelebihan lain. Seperti, less irritating, dan yang terpenting, lebih stabil. Artinya juga, kalau kamu pakai produk acid lain, nggak perlu khawatir soal wait time. Yang bikin saya lebih seneng lagi, MAP dan SAP ini juga terbukti nggak masalah dikombinasikan dengan niacinamide. Secara, saya pakai pelembap dengan niacinamide setiap pagi.

So far, saya baru pernah coba Probio-C, dan hasilnya lumayan; sekitar dua minggu patch test, saya melihat bekas jerawat mulai ada penipisan. Tapi didukung dengan skincare lain, ya. Nggak tahu kenapa sebelum habis satu botol itu, long hiatus dan belum sempat pakai lagi. Kalau Votre Peau, baru mau icip, sedangkan Face Mist Wardah menurut saya fungsi utamanya lebih sebagai hydrator, ya. Might be too gentle for a real brightening effect, dan saya “takut” sama kandungan fragrance-nya, karena memang saya sensitif fragrance.

Punya rekomendasi lain? Atau kamu punya pengalaman dengan serum vitamin C? Share di bawah yaa :D