banner-detik

eyeshadow

Tips dan Trik Makeup untuk Umur 50 Tahun yang Harus Kamu Tahu!

seo-img-article

So last week I did my mom makeup. Dan dari situ saya belajar lima trik makeup untuk umur 50 tahun, supaya tetap terlihat muda. Mau tahu apa saja tips-nya? Simak artikel ini ya.

Bukan saya mau sok tua dan ngajarin makeup ke yang lebih senior. Tapi, saya cuma mau berbagi pengalaman yang saya alami minggu lalu, ketika saya makeup ibu saya. Ibu saya yang sudah berumur 57 tahun ini, ketika di makeup selalu request untuk dihilangkan kerutan pada under eye-nya atau setidaknya gimana caranya supaya garis-nya nggak terlalu terlihat. Selain dari request garis halus pada wajah, Ibu saya selalu minta agar tampilan alisnya tidak “menurun”, bikin ke arah atas supaya mata terlihat lebih segar.

After tons of trial and error, minggu lalu akhirnya makeup saya di-approve (walaupun banyak revisi juga, dalam sesi makeup!). Yes, dia suka banget dengan hasil makeup yang kemarin saya buat. So here’s what I did differently on her : 

Skincare

Tahap skincare pertama yang saya lakukan adalah menggunakan exfoliating toner sebagai tahap pembersihan. Dan untuk pelembab saya menggunakan dua produk yaitu rosehip oil dan Guerlain Météorites Soin Oxygéne. Sedangkan untuk eye cream saya memilih produk yang bisa mengencangkan area kantung mata. Karena kebetulan saya punya sampel NOVEXPERT Expert Lifting Eye Contour, jadi itulah yang saya gunakan. Saat menggunakan eye cream jangan asal oles saja, tapi berikan sedikit tekanan pada area kantung mata, untuk melancarkan peredaran darah sehingga area mata terlihat lebih segar.

The big difference adalah di area mata karena saya menggunakan eye cream, dan terbukti kalau eye cream dapat menyamarkan garis halus. Walaupun pastinya nggak 100% hilang, setidaknya garis-garis tadi sedikit tersamarkan dan kulit area mata terlihat lebih plump.

Screen Shot 2016-10-10 at 1.49.03 AM

Primer

Kebetulan kulit ibu saya normal cenderung dry, jadi untuk primer saya hanya mengaplikasikan di T-zone saja. Untuk bagian wajah lain yang lebih kering, saya menggunakan Shu Uemura Instant Glow Primer untuk memberikan hasil makeup yang lebih glowing.

Eye Makeup

Salah menggambar alis atau menggunakan eyeshadow, bisa membuat seseorang terlihat lebih mature dari umur sebenarnya. Benar banget kata Benefit Cosmetics, alis yang ada arch bisa bikin wajah seperti di-face lift! Biasanya, saya hanya mengikuti alur alis dari ibu saya, karena saya nggak mau mengubah bentuk wajahnya. Tapi itu ternyata nggak bisa memberikan efek wajah yang segar. Hal yang saya pelajari kemarin adalah ketika menggambar alis untuk mature skin, kita memang harus mengubah bentuknya dengan sedikit arch agar wajah dan area mata terlihat lebih muda. Jadi, kemarin saya bikin alis kekinian, dan hasilnya wajah ibu saya tampak lebih muda.

Pemilihan eyeshadow juga penting. Mengingat kelopak mata juga sudah ada garis kerutan, jadi baiknya gunakan eyeshadow matte atau soft shimmer. Saya sempat mencoba menggunakan eyeshadow agak metalik, dan I immediately regret it. Eyeshadow dengan tekstur metalik ini, malah menonjolkan garis-garis halus tersebut. So I made a note, to never ever used a metallic eyeshadow ever again on my mom.

Bedak

Biasanya saya suka banget mengaplikasikan loose powder yang tebal supaya makeup lebih awet. But for mature skin, nggak perlu di-baking lagi, karena biasanya mature skin lebih dry jadi nggak perlu menggunakan bedak yang tebal. Kemarin, saya hanya mengaplikasikan bedak tabur tipis saja pada wajah ibu saya.

Highlighter

Go easy on highlighter. Aplikasikan hanya pada area tulang pipi saja dan nggak perlu tebal-tebal seperti makeup Instagram. Kenapa? Karena highlighter dapat mengaksentuasi alias menonjolkan pori-pori dan kerutan pada wajah.

 

Semoga lima tips ini membantu kalian, anak-anak perempuan yang sering dijadikan MUA dadakan oleh ibu. Kalau kalian punya tips lainnya, boleh lho di-share!

 

Image: Dok. Female Daily/Sheila Sanjaya

Slow Down

Please wait a moment to post another comment