Tips dan Trik Membentuk Alis untuk Pemula

Hari Jumat (7/10) kemarin, saya ngobrol-ngobrol dengan Bryan Fukumoto, Brow Artist dari The BrowGal By Tonya Crooks yang datang langsung dari Los Angeles untuk menghadiri launching The BrowGal di Sephora Central Park Jakarta.

Sembilan tahun menjadi Brow Artist di BrowGal, Bryan benar-benar orang yang tepat untuk diajak ngobrol soal trik membentuk alis. Nggak cuma passionate di bidangnya, Bryan juga paham betul tentang scientific background di balik mendesain sepasang alis yang sempurna. His eyes literally sparked throughout our conversation!IMG_6284

Hai Bryan, share dong, satu ilmu basic dari kamu yang wajib banget diingat oleh eyebrow beginners. 

“Hai! Hmm, buat saya, alis itu seperti sidik jari. Berbeda-beda di setiap orang. Nobody has the same eyebrows dan membuat alis yang sempurna itu butuh proses yang sangat detail. Nggak bisa tuh, pakai cetakan alis lalu digambar sesuai model di cetakan itu karena untuk menyesuaikan bentuk alis, kamu harus memperhatikan bentuk wajah, posisi tulang alis, dan gerakan otot.”

Jadi memang alis itu sangat personalized ya,  ‘one size fits all‘?

“No! If brows were that easy, I wouldn’t have a job. Hahaha. Memang nggak gampang menemukan bentuk alis yang pas karena kalau ketipisan, wajah kita jadi nggak terbingkai sempurna. Kalau ketebelan, which seems to be the problem these days, muka jadi kayak isinya alis semua. Jadi tantangannya adalah membuat alis se-natural mungkin dengan porsi ketebalan yang cukup.”

Speaking of brow mistakes, kira-kira ‘dosa’ apa sih yang paling banyak dilakukan orang-orang kepada alisnya?

“Menggunakan warna yang salah untuk mengisi alis! I see that thick brows are very popular in this generation, dan untuk membuat gaya alis yang tebal, tentu alis harus terisi sempurna. Prinsip saya nomor satu adalah alis tetap harus terlihat rambut aslinya, karena itu adalah kunci alis terlihat natural. If it’s too made up, or even worse, over-powering your face, it won’t look like your real eyebrows. Pokoknya gini, kalau di saat gambar alis kamu udah nggak bisa ngeliat warna alis asli kamu, itu artinya udah ketebelan!”

Baca juga: Ini Beda Pensil Alis 300 Ribu dan 5 Ribu

Screen Shot 2016-10-09 at 9.55.43 PM-sideSource: instagram.com/TheBrowGal

Kira-kira hal apa yang paling menantang selama menjadi Brow Artist di BrowGal?

“God, what a question. Bisa dibilang hal yang paling menantang itu membuat custom plan untuk masing-masing klien saya. Seperti yang saya bilang tadi, membuat alis itu kan nggak hanya digambar saja, tetapi juga diperhatikan struktur tulang dan ototnya. Sejago apapun kamu menggambar alis, kalau ujung-ujungnya ‘keluar jalur’ ya pasti akan aneh juga. Back in the studio, if you come to see me, it will be just you, me, and no one else. Kayak konsultasi ke dokter!

Kami juga akan menanyakan brow history kamu, apa saja yang sudah kamu lakukan pada alis kamu, and so on. Baru dari situ kita bisa memperbaiki dan merancang bentuk alis yang paling pas. That’s the real challenge because we take things very seriously here!”

Menurut kamu sendiri, alis yang sempurna tuh yang seperti apa, sih?

“Alis yang sempurna adalah yang tebalnya natural, letaknya pas, dan diwarnai sempurna. Saya dan Tonya bangga banget dengan warna-warna dari The BrowGal collection. A lot of other brands, they are not that specific in creating the neutral colors. Sometimes the black is too red or the brown is too orange. Semua warna pensil alis dari BrowGal ini ash-based, jadi nggak terlalu warm-based seperti produk alis pada umumnya. Kalau bentuk alis sudah pas dan warnanya cocok, there you have it, the perfect brows.”

Give us your best eyebrow-grooming tips!

“Mencabut alis boleh-boleh saja, tapi pastikan jangan sampai berlebihan. Kalau kamu masih ragu untuk mencabut alis sendiri, you can always go to a professional. Lalu, untuk maintain di rumah, kamu bisa rutin trimming menggunakan gunting dari BrowGal.

Tips untuk trimming alis adalah, gunting sesuai dengan arah tumbuh rambut! Jangan disisir ke atas semua lalu digunting karena nanti bentuknya akan aneh. Biasanya, rambut alis seseorang akan tumbuh ke atas di bagian depan, lalu dari bagian tengah ke belakang, rambutnya akan tumbuh ke bawah. Sisir alis sesuai arah tumbuh rambut dan gunting ujungnya perlahan-lahan.

Saya bisa jamin kalau tweezer dan gunting dari BrowGal berbeda dari yang lain karena kita menggunakan baja dari Italia. BrowGal memang bekerjasama dengan perusahaan pisau dari Italia, karena itu tools benar-benar high quality. Tweezer saya sudah tahan lima tahun dan nggak tumpul sama sekali. Begitu pun dengan gunting kami, yang ketajamannya setara dengan pisau bedah karena Tonya bekerja dengan surgical team untuk mendesain gunting ini. We need their kind of precision, and that’s what we put into our products.”

Baca juga: Pensil Alis Bagus dari The BrowGal By Tonya Crooks

FYI, kamu bisa datang ke Sephora Kota Kasablanka, Mall Kelapa Gading, dan Central Park Mall untuk mendapatkan free brow wax dan brow service dari The BrowGal, lho. Cuma sampai 12 Oktober 2016, jadi jangan sampai kelewatan!