Berlatih Meditasi Bersama The Happiest Man on Earth!

Berlatih meditasi katanya bisa membuat kita selalu merasa bahagia, lho! Tertarik? Ayo, coba ikut latihan meditasi bersama The Happiest Man on Earth!

Ya, saat saya menerima undangan untuk mengenal lebih dekat manfaat meditasi yang akan diajarkan oleh Yongey Mingyur Rinpoche atau juga dijuluki sebagai “The Happiest Man on Earth” ini, saya pun jadi penasaran. Siapakah Rinpoche atau Mahaguru ini?

Yongey Mingyur Rinpoche adalah seorang Mahaguru asal Tibet yang mengajarkan praktik meditasi Joy of Living yang bersifat sistematis, praktis dan universal. Hmm, saya pun makin tertarik saat mendengar bahwa praktik meditasi ini tidak membatasi dengan suatu ajaran agama tertentu.

meditasi Image source: Women’slifestyle.com

Yongey Mingyur Rinpoche, lahir pada tahun 1975 dan telah mendalami meditasi sejak umur sembilan tahun. Dari usia muda, Rinpoche tertarik pada kehidupan kontemplasi. Dia menghabiskan bertahun-tahun masa kecilnya di biara yang ketat. Singkat cerita, ketika dia sudah menjadi seorang Bhiksu terkenal dengan ribuan murid dan berbagai biara tersebar, tiba-tiba Rinpoche memutuskan meninggalkan semua yang sudah “dimilikinya” itu. Ia meninggalkan suasana biaranya yang nyaman, pergi diam-diam, hanya memakai selembar baju dan sandal,  memutuskan pergi retret, bermeditasi di gunung selama hampir lima tahun. Selama retret panjang itu, Rinpoche hidup sangat sederhana dan tinggal di dalam gua.

Sekembalinya dari retret panjang itu, Rinpoche pun memutuskan untuk mengajarkan meditasi Joy of Living kepada masyarakat. Rinpoche melihat bahwa di dalam masyarakat modern saat ini banyak yang mengalami sakit psikis atau “sakit” mental.

yongey mingyur rinpoche

Praktik meditasi yang diajarkan Rinpoche ini pun menggugah para peneliti di University Wisconsin, AS untuk menguji benarkah meditasi sangat bermanfaat bagi kita? Maka pada tahun 2002 Mingyur Rinpoche dan beberapa meditator lainnya diundang ke Laboratorium Waisman untuk Pencitraan Otak dan Perilaku. Para ilmuwan tersebut ingin meneliti efek meditasi pada otak meditator dengan beragam peralatan canggih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gelombang otak dan juga emosi Rinpoche sama sekali tidak terpengaruh oleh gangguan-gangguan dari luar berkat meditasi. Emosi yang ditunjukkan selalu stabil. Itu sebabnya Rinpoche mendapat julukan “The Happiest Man on Earth” .

“Keinginan kuat untuk berbagi cara bermeditasi membuat Mingyur Rinpoche mendirikan Yayasan dan Komunitas Meditasi Tergar. Tergar yang diambil dari bahasa Tibet berarti tempat orang berkumpul dalam upaya menciptakan perubahan lewat praktik meditasi sebagai upaya menuju perubahan yang baik dalam hidup,” jelas Linda Widjaja, selaku perwakilan Komunitas Meditasi Tergar di Indonesia.

Di Indonesia, Mingyur Rinpoche akan menghadirkan program pelatihan meditasi berkesinambungan. Rangkaian program yang dimulai di Surabaya pada tanggal 12 Oktober 2016 dengan Seminar bertema Meditasi Joy of Living: Kunci Hidup Sukses, Sehat dan Bahagia. Kemudian akan digelar berbagai workshop meditasi di Jakarta dari tanggal 14 – 19 Oktober 2016.

Nah, jika kamu berminat mau ikut berlatih meditasi, silakan kontak ke Yayasan Tergar, telp. 08128686002 atau kunjungi www.tergar.or.id. Saya sudah berniat mau belajar meditasi praktis bersama Rinpoche. Rumit nggak sih belajar meditasi? Apa manfaat yang saya rasakan setelah mempraktikkan meditasi? Nantikan artikel saya selanjutnya ya…