4 Liquid Matte Lipstick Lokal Terbaru

Kembali ada liquid matte lipstick dari brand lokal, kali ini dari Aubeau, Pixy, Mizzu dan Emina. Ini review dan swatch lengkapnya.

Liquid Matte Lipstick belakangan ini memang jadi hot item yang selalu dicari oleh para makeup enthusiast. Nggak heran kalau hampir semua brand berlomba-lomba mengeluarkan produk sejenis ini. Bahkan brand-brand lokal pun nggak mau ketinggalan, termasuk 4 brand yang baru saja mengeluarkan Matte Liquid Lipstick, yaitu Aubeau, Pixy, Mizzu, dan Emina.

Baca juga: 3 Brand Liquid Lipstick Lokal Indie Terbaru

Sebagai lipstick-junkie sekaligus penggemar makeup dari brand lokal, saya langsung memburu keempat lipstik baru tersebut. Pixy Lip Cream adalah yang paling gampang ditemukan, karena sudah ada di beberapa konter Pixy yang ada di mall. Mizzu Valipcious Velvet Matte dan Aubeau Ex-P Matt Lip Paint harus dibeli secara online, karena saya belum menemukan konter mereka di sekitar tempat tinggal saya. Sementara untuk Emina, sebenarnya gerainya ada di hampir semua mall dan pusat perbelanjaan di Jakarta. Tapi produk Emina Creamatte Lip Cream sendiri nampaknya memang belum hadir di konter-konter mereka.

Liquid-lipstick-mizzu-aubeau-pixy-emina-review-1

Singkat cerita, saya akhirnya dapat juga keempat produk yang lagi hot dibicarakan ini. Tapi nggak semua shade saya beli sih, saya hanya memilih beberapa shade yang kira-kira bakalan saya suka dan saya pakai terus. Kebetulan saya sedang suka dengan warna-warna nude dan warna-warna kecoklatan.

Keempat lipstik yang saya beli ini harganya cukup affordable, semua dibawah 100 ribu. Dan untuk harga sekian, menurut saya semuanya nyaman banget digunakan. Saya sudah coba menggunakan masing-masing lipstik ini selama setengah hari (pagi-sore), dan nggak ada yang terasa lengket ataupun bikin bibir kering. Untuk daya tahannya, semua awet di bibir, nggak akan crack atau memudar walau dipakai dalam jangka waktu lama. Dengan catatan, nggak dipakai makan yah. Saya kalau makan memang agak bar-bar. Makan cemilan ataupun makan masakan padang sama aja bikin lipstik saya hilang :D.

local-lip-cream

Aubeau Ex-P Matt Lip Paint “Chocolate Plum” – Rp60.000,-

Aubeau Lip Paint ini dikemas dalam tabung berwarna hitam. Bentuk tabung dan kuas aplikatornya standar sih, sama seperti kebanyakan produk matte lipcream dari brand lokal kebanyakan. Cuma cara Aubeau meletakan “jendela kecil” pada badan kemasannya, agar kita bisa melihat warna lipstiknya langsung, membuat desain produk ini terlihat unik.

Tekstur Lip Paint ini cenderung cair, tapi masih cukup creamy sehingga masih mudah digunakan. Menurut saya sih kekentalannya pas banget. Butuh waktu sampai lipstik ini nge-set di bibir, dan kalau sudah nge-set dan kering sempurna, saya coba untuk cium-cium punggung tangan, dia nggak transfer. Hanya saja produk ini punya aroma vanila yang cukup menyengat. Saya sih nggak masalah, karena menurut saya aromanya cukup enak. Tapi untuk yang sensitif terhadap segala jenis wewangian dalam produk kosmetik, rasanya akan terganggu deh.

Saya memilih warna Chocolate Plum. Warnanya coklat dengan bias mauve, dengan sedikit sentuhan kemerahan. Kalau kalian pernah nyobain Wardah Intense Matte Lipstick Choco Town, nah, warnanya persis banget dengan Aubeau Lip Paint Chocolate Plum ini. Untuk warna ini, pigmentasinya juga sangat-sangat bagus.

Baca juga: Lipstick Matte Lokal Favorit : Wardah Intense Matte Lipstick

Pixy Lip Cream “Chic Rose” – Rp45.000,-

Bentuk tabung kemasannya masih sama seperti Aubeau Lip Paint, tapi saya sendiri kurang suka dengan desain dan perpaduan warna kemasan Pixy Lip Cream ini. Saya biasanya suka lho dengan desain kemasan produk-produk Pixy, terutama kemasan two way cake-nya. Tapi untuk kemasan lip cream-nya, nggak deh :D.

Mengesampingkan kemasannya yang kurang menarik, Pixy Lip Cream ini cukup nyaman dan mudah digunakan. Teksturnya lebih cair dari Aubeau Lip Paint, jadi pigmentasinya juga nggak sebagus Aubeau Lip Paint, tapi masih tergolong pigmented kok. Aromanya mirip seperti aroma vanila Aubeau Lip Paint, tapi nggak semenyengat Aubeau. Pixy Lip Cream ini juga transfer-proof  kalau sudah nge-set di bibir, asalkan nggak dipakai makan yah.

Chic Rose adalah warna termuda dari 4 warna pilihan Pixy Lip Cream. Warnanya warm nude pink yang manis. Dan biasanya sih, kalau warna-warna nude yang muda pun teksturnya sudah bagus, warna-warna yang lebih bold dan tua teksturnya juga bagus.

Baca juga: Sudah Coba Lipstick Matte Dari Pixy Lip Cream?

Mizzu Valipcious Velvet Matte “Calm Sense” – Rp.80.000,-

Bentuk kemasan Mizzu Valipcious ini sekilas memang terlihat standar. Tapi begitu pegang langsung produknya, tabungnya memang terasa lebih kokoh dan tebal, lebih mantap kalau dipegang. Aplikatornya juga beda dari Aubeau dan Pixy, aplikator Mizzu ini lebih empuk dan lebih nyaman digunakan.

Untuk teksturnya, Mizzu Valipcious ini cenderung creamy dan yang paling kental dari  ketiga lip cream lain yang saya coba. Ada samar-samar aroma vanila seperti pada Pixy Lip Cream. Saya kurang begitu suka dengan feel setelah lipstik ini nge-set di bibir, karena terasa terlalu kering dan powdery, dan ketika dilihat memang tampak garis-garis bibir saya terlihat lebih nyata. Tapi walau terasa kering, lipstik ini nggak cracking dan nggak bikin bibir kaku. Warnanya tetap bertahan lama tanpa pecah sama sekali di bibir saya.

Pigmentasi produk ini masih kalah kalau dibandingkan dengan Aubeau Lip Paint. Tapi saya rasa itu karena pilihan warnanya saja ya. Saya memilih shade Calm Sense yang merupakan warna paling nude dan paling muda yang tersedia, dan lipstik dengan warna-warna nude yang muda memang cenderung kurang bagus pigmentasinya. Tapi sebenarnya Mizzu Valipcious Calm Sense ini masih tergolong pigmented kok. Sekali ulas juga sudah langsung menutup warna bibir saya yang kehitaman.

Emina Creamatte Lip Cream “Chocolava” – Rp.49.000,-

Kemasannya langsung mengingatkan saya pada NYX Soft Matte Lip Cream. Cuma Emina ini lebih kecil dan simpel tanpa banyak tulisan dan gambar, dan saya lebih suka Emina dibandingkan NYX. Botolnya sangat kecil dan enak banget untuk dibawa-bawa. Tapi walau kecil, isinya lumayan banyak loh, 5.5 gram. Pixy, Mizzu, dan Aubeau yang lebih besar saja isi produknya hanya 4.5 gram. Aplikatornya enak banget digunakan, empuk dan tangkainya pendek, jadi mudah untuk mengontrol produk yang diulaskan ke bibir.

Tekstur produk ini creamy dan cenderung kental, tapi mudah sekali digunakan, meluncur halus banget di bibir. Butuh waktu agak lama untuk nge-set, tapi setelah nge-set dia nggak trasfer dan nyaman banget di bibir. Kalau dibandingkan tiga produk lainnya, Emina Creamatte ini memang cenderung lebih lengket, dan juga masih sedikit transfer, tapi buat saya masih sangat-sangat nyaman kok. Dan yang saya suka, nggak ada rasa powdery ataupun rasa terlalu kering yang nggak nyaman. Ini lumayan bikin saya terkejut yah, karena awalnya saya menduga tekstur Emina Creamatte ini bakalan mirip-mirip dengan Wardah Exclusive Matte Lip Cream, yang mana terlalu kering dan nggak nyaman di bibir saya. Tapi ternyata enggak, dan Emina ini malah jadi favorit saya.

Warna yang saya pilih adalah Chocolava, yaitu warna coklat gelap dengan greyish touch. Warna ini pigmentasinya sangat bagus. Dan karena teksturnya juga nyaman banget, saya tertarik untuk mencoba warna-warna lain dari Emina Creamatte ini.