3 Tanda Rambut Rontokmu Perlu Diberi Perawatan Ekstra

Hampir semua orang di muka bumi ini pernah mengalami rambut rontok. Sama seperti sel kulit mati yang terbuang setiap harinya, rambut kita juga “terbuang” sekitar puluhan helai per harinya, baik setelah habis keramas maupun saat beraktivitas.

Kadang, di usia 20-an ini kita suka mengabaikan kerontokan rambut karena berpikir, “Ah, serontok-rontoknya rambut, kalau masih umur segini pasti akan tetep lebat, kok.” Padahal, kalau nggak diperhatikan dengan benar, kerontokan bisa membuat rambut menipis lebih cepat dari yang kita kira!

Ada tiga poin yang harus kamu perhatikan mengenai kerontokan rambut. Kalau tiga tanda ini sudah muncul, maka sudah saatnya memikirkan perawatan rambut lebih lanjut.

DSCF54241. Jumlah Rambut Rontok Melebihi Batas Normal

Masing-masing orang memang memiliki kadar rontok yang berbeda-beda, tapi ada satu trik yang bisa kamu coba untuk mengukur kadar rontok rambutmu. Ambil rambut segenggam rambut (dalam keadaan kering) dan sisir dari atas ke bawah menggunakan jari.

Kalau ada sekitar 5 – 8 rambut yang rontok, itu masih dalam batas normal. Tapi kalau sudah lebih dari 10 atau bahkan mencapai 15 – 20, wah, sudah harus hati-hati karena jumlah itu sudah melewati batas wajar!

2. Rambut Rontok Parah Lebih dari Tiga Bulan

Selain mengukur banyaknya helai rambut yang rontok, perhatikan juga periode waktu kerontokan rambutmu. Kalau cuma seminggu atau dua minggu, mungkin itu hanya sekadar stres karena banyak kerjaan dan sering begadang. Tapi kalau sudah jalan tiga bulan dan rontoknya belum reda dan malah tambah parah? Red flag alert!

3. Hormon Stabil

Biasanya, salah satu penyebab rambut rontok adalah ketidakstabilan hormon. Siklus menstruasi juga salah satu faktor kerontokan rambut, apalagi jika ditambah dengan stres atau kekurangan vitamin.

Jika kamu merasa hormonmu stabil tapi rambut terus mengalami kerontokan atau bahkan bertambah, saatnya mencoba shampoo yang fokus pada masalah hair fall seperti Dove Hair Fall Treatment, misalnya. Shampoo yang khusus mengatasi rambut rontok akan fokus bekerja di akar rambut dan memperkuat folikel yang lemah karena efek buruk dari styling tool, proses kimia, ataupun kurang mengonsumsi protein.

Sekalipun rambut rontokmu masih dalam batas wajar, nggak ada salahnya untuk mulai menjaga rambut agar selalu kuat dengan menggunakan shampoo anti-rontok. Buat saya, segala tindakan preventif itu pasti akan lebih maksimal hasilnya karena the sooner you do it, the better.

Anggap saja seperti memakai anti-aging skincare sejak usia 20, pasti hasilnya akan lebih memuaskan dibandingkan baru mulai memakai di usia 40-an. Nah, kalau perawatan rambut rontok bisa dilakukan dari sekarang, kenapa enggak? Kamu bisa mulai dengan nyobain Dove Hair Fall Treatment gratis di sini. Yuk, #BeraniCobaLagi!