Kontroversi Seputar Koleksi Brush Terbaru dari Tarte

Pastel colors are everywhere. Palet warna yang bernuansa soft dengan tema mermaid, dreamy, dan ethereal kembali jadi tren. Ternyata nggak cuma untuk eyeshadow atau highlighter saja, kini Tarte mengeluarkan brush set yang juga berwarna pastel!

Sebagai teaser, minggu lalu Tarte mengunggah foto koleksi brush tersebut di akun Instagram mereka. Respon pertama saya: LUCU BANGET! Terdiri dari tiga face brush dan dua eyeshadow brush, paduan warna-warna cotton candy dengan gold detail dan gagang putih berbentuk spiral ini benar-benar too cute to be true. Sampai kok rasanya sayang ya, ngebayangin kuas-kuas cantik ini akan kena noda foundation atau concealer :D Sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut dari Tarte tentang nama koleksinya, tanggal rilis, ataupun harganya. All we know is that we have to wait until 2017 for these brushes.

Meskipun banyak comments di foto tersebut yang excited akan dikeluarkannya koleksi brush ini, tetapi ada juga yang mengkritik tajam karena diduga Tarte memplagiat brush ini dari Unicorn Lashes, beauty brand indie asal UK. Lho?

Screen Shot 2016-09-25 at 9.36.48 AM“Nice copy of Unicorn Lashes UK. Here I was such an avid Tarte lover. Buuuut another reason to be pushed away. Taking credit for ideas that arent yours” – @tiger_rose_cosplay

“Please don’t steal other people’s ideas. Unicorn lashes had these way before you. Just because you are a bigger company does not mean you should take advantage of others” – @bunniebones

“Lol never before seen? I believe the “beauties” were inspired by @unicornlashesuk” – @charlesthegrizzly

“Rip off you fakes! Shame on you” @petrasarious

Dari 3,381 comments yang ada di foto tersebut, hampir lebih dari setengahnya menghujat Tarte dinilai nggak beretika karena mencuri ide Unicorn Lashes. Unicorn Lashes memang baru saja merilis Unicorn Brushes, brush set berwarna pastel yang mulai dijual awal September lalu. Terdiri dari sepuluh brush yang memiliki bulu kuas berwarna pastel dan gagang putih spiral, brush set ini memang mirip dengan brush set dari Tarte.

Jujur saja, saat melihat sekilas, saya berpikir ini orang-orang lebay amat sih, jelas-jelas warna bristles-nya beda, yang Tarte hanya menggunakan satu warna per kuas, sementara Unicorn Lashes menggabungkan warna-warna pastel dalam satu kuas. Bahkan warna ungu dan pink-nya saja beda. Tapi setelah melihat gagangnya spiralnya… Yaa, lumayan maklum sih, kenapa banyak orang yang protes. Is it just a funny coincidence, or…?

Screen Shot 2016-09-25 at 9.31.31 AMBiarpun banyak diprotes, nggak semua comments di foto tersebut bernada negatif dan menuduh Tarte melakukan plagiarisme. Ada juga yang mengatakan kalau ini hanya kebetulan karena nggak mungkin Tarte memproduksi brush ini hanya seminggu atau dua minggu saja. Produksinya pasti sudah melewati serangkaian proses yang memakan waktu berbulan-bulan, jadi bukan berarti Tarte tiba-tiba langsung mencontek ide Unicorn Lashes out of nowhere.

Nah, menurut kamu sendiri gimana? Apakah ini plagiarisme, hanya terinspirasi, atau murni kebetulan semata? Share jawabanmu di comment box, ya!