5 Tips Mudah Mencegah Penuaan Dini

Menjadi tua adalah proses yang dialami setiap orang dan tidak bisa dihindari. Namun, jika umur masih muda tapi kulit sudah keriput seperti orang tua, berarti ada yang salah nih dalam caramu merawat kulit. Bagaimana cara mencegahnya?

Penuaan adalah proses yang tidak bisa dihindari. Setiap sel kita sudah terprogram untuk menua dan menurun fungsinya. Namun pastinya tidak ada perempuan yang menginginkan penuaan dini, dong.

Faktanya, penuaan dini adalah salah satu masalah kulit yang paling sering muncul pada perempuan Indonesia. Yuk, mari kita kenali penyebab terjadinya penuaan dini pada kulit wajah. Ada tiga faktor yang memengaruhi penuaan dini, yaitu faktor pertama dari dalam tubuh, kedua dari luar tubuh (lingkungan) dan faktor ketiga adalah penuaan yang diakibatkan oleh proses mekanis.

Faktor dari dalam tubuh atau genetik, jika di dalam garis keluargamu ada keturunan memiliki flek hitam di wajah, maka kamu juga lebih berisiko mengalami flek hitam.

Nadia Face

Namun faktor yang lebih berpengaruh adalah faktor lingkungan antara lain paparan sinar matahari. Sinar UV merupakan sumber radikal bebas yang dapat merusak sel-sel kulit. Selain itu gaya hidup yang tidak sehat antara lain: merokok, malas berolahraga juga bisa membuat kulit mengalami penuaan dini.

Sedangkan penuaan dini yang disebabkan oleh proses mekanis berkaitan dengan kebiasaan yang salah dalam mengaplikasikan produk perawatan dan kecantikan kulit. Contoh: saat membersihkan wajah dengan cleansing milk, masih banyak di antara kita yang mengusap wajah ke arah bawah. Ini adalah tindakan yang salah karena bisa membuat kulit wajah jadi kendur.

Sinar UV memang dapat membantu pembentukan vitamin D secara alamiah dalam tubuh kita. Maka dari itu kita disarankan untuk terpapar sinar mentari pagi 10-15 menit per hari di sekitar jam 07.00 – 09.00 . Namun jangan lupa sinar UV juga berpotensi merusak sel kulit. Ditambah lagi gaya hidup yang buruk seperti asupan makanan tinggi lemak, tinggi karbohidrat, mengandung pengawet dan bahan tambahan lainnya, kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol juga dapat meningkatkan kadar radikal bebas di dalam tubuh. Dan radikal bebas ini dapat merusak berbagai sel di dalam tubuh.

paparan sinar matahari

Paparan sinar UV juga makin meningkatkan kadar radikal bebas yang harus diperangi tubuh. Pada paparan matahari jangka panjang dapat menyebabkan photoaging yakni penuaan sel kulit yang disebabkan paparan sinar UV jangka panjang. Apakah kamu sudah merasakan adanya tanda-tanda penuaan yang sering muncul seperti kulit kusam, muncul garis halus dan kerutan, perubahan tekstur kulit menjadi lebih kasar, dan warna kulit tidak merata?

So, bagaimana caranya mencegah penuaan dini pada kulit? Nah, inilah lima tips mudah mencegah penuaan dini:

  1. Wajib Pakai Sunscreen

Penggunaan sunscreen dapat membantu kulit terlindung dari bahaya sinar UV sehingga efek kerusakan yang diakibatkan paparan sinar UV tidak terlalu parah.

  1. Makan Makanan Bergizi

Membiasakan makan makanan yang kaya akan nutrisi dapat membantu kulit tetap sehat dan cantik. Makanan kaya antioksidan dari berbagai sumber bahan makanan dapat membantu tubuh memerangi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Membatasi Kandungan Makanan Tinggi Karbohidrat, Lemak, dan Gula

Makanan tinggi karbohidrat, lemak dan gula, terbukti dapat membuat kulit menjadi lebih cepat menua.  Batasilah jumlah dan frekuensi makanan tinggi karbohidrat, lemak dan bahan tambahan lainnya

  1. Istirahat dan Manajemen Stress yang Baik

Stres yang terlalu tinggi menyebabkan tidur yang kurang berkualitas. Kondisi ini dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh yang berujung pada perusakan sel keseluruhan termasuk sel-sel kulit.

  1. Meningkatkan Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik atau olahraga dapat membantu memperbaiki aliran darah di seluruh tubuh sehingga metabolisme dapat berlangsung dengan baik. Hal ini juga terjadi pada sel-sel kulit kita.

So FD-ers, rasanya 5 tips mudah mencegah penuaan dini ini sangat mudah dipraktikkan, bukan? Nah, jangan tunda lagi. Ayo, mulai dari sekarang demi menjaga kulit tetap sehat, halus dan cantik!