3 Penyebab Blackheads Susah Hilang

Sudah benar belum caramu mengatasi blackheads? Walaupun cuma komedo, kalau dibiarkan terus di kulit bisa memicu jerawat, lho.

Blackheads yang kemudian tumbuh jadi jerawat itu fakta yang menyebalkan namun nyata. Malah, beberapa bekas jerawat yang ada di daerah sekitar hidung saya itu bibitnya dari blackheads semua! Nyebelin banget karena sebenarnya bisa saja dicegah kalau kita sudah menangani blackheads-nya dengan benar dari awal.

Ada banyak sekali faktor yang membuat blackheads nyaman bertengger di kulit, tapi tiga alasan inilah yang paling utama. Make sure you got these three things under control and blackheads will be no more!

DSCF12201. Kulit Terlalu Berminyak

Blackheads muncul karena tersumbatnya pori-pori di kulit wajah. Di dalam pori-pori yang tersumbat ini, ada gumpalan kotoran yang merupakan campuran sel kulit mati, debu, dan sisa-sisa makeup yang nggak terangkat dengan baik. Berbeda dengan whiteheads, blackheads ini terpapar udara luar dan mengoksidasi, makanya warnanya berubah menjadi kehitaman.

Nah, kulit yang terlalu berminyak adalah breeding ground yang pas banget untuk blackheads. Produksi minyak yang berlebih akan membuat sel kulit mati semakin menumpuk dan pori-pori semakin tersumbat. Kalau kamu merasa kulitmu terlalu berminyak, coba kilik-kilik lagi kebiasaan dan skincare routine kamu. Apakah sunscreen yang terlalu rich? Salah pelembap? Atau justru karena makeup?

Baca juga: Kulit Berminyak? Jauhi 4 Hal Ini 

2. Menggunakan Produk yang Salah

Pore strips memang bisa membantu menghilangkan beberapa dry patches dan kulit gradakan yang ada di permukaan hidung, tapi untuk kasus pori-pori tersumbat yang lebih dalam, sayangnya pore strips nggak bisa jadi solusi utama. Sejauh ini, buat saya produk yang paling ampuh untuk membersihkan blackheads sampai benar-benar bersih adalah acid toner yang mengandung salicylic acid atau BHA. Kalau kasus blackheads-mu masih belum parah-parah banget, bisa coba cleanser sekaligus exfoliator seperti Scary Face dari The Bath Box, tapi untuk kulit saya yang berminyak ini, BHA toner sudah pas banget untuk menghilangkan blackheads karena bisa sekaligus mengontrol minyak.

Untuk rekomendasi BHA toner dengan harga affordable, FD members suka banget Cosrx BHA Blackhead Power Liquid. Kalau kamu masih pemula dalam hal acid toner dan belum mau mencoba dedicated toner dengan AHA/BHA pada ingredient utamanya, bisa mulai dari Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner yang review-nya bisa dibaca di sini.

3. Kurang Bersih Menghapus Makeup

Secanggih apapun produk skincare yang kamu pakai, tapi kalau setiap malam membersihkan wajah cuma ala kadarnya ya sama saja bohong. Kadang, saya juga kalau habis full-makeup lalu menghapusnya asal-asalan karena capek, besok paginya pasti langsung ada satu blackheads muncul. Menyebalkan memang blackheads-nya bisa muncul secepat itu, but that’s what you get from not cleansing the skin properly.

Sebetulnya dengan adanya blackheads kita juga bisa jadi tahu sih, “Oh ternyata selama ini gue bersihin muka kurang bersih, ya.” atau “Oh, kalo pake produk ini tuh pori-pori gue jadi tersumbat, ya.” Cuma ya, sebenarnya nggak usah nunggu blackheads muncul dulu kan, untuk lebih memperhatikan cara kita merawat kulit? :)

Selama nggak dipencetin dan nggak dibombardir dengan produk-produk yang justru bikin iritasi, blackheads bisa kok, hilang. Namun ingat, terlalu sering mengeksfoliasi atau over-cleansing juga nggak baik karena bisa mengundang masalah lain. Everything in moderation and your skin will thank you later!