BB Cushion Matte yang Bagus: Etude vs April Skin

BB cushion biasanya terkenal dengan hasil akhir dewy dan glowy , yang kadang kurang cocok dipakai di Indonesia. Nah, sekarang ada dua BB cushion hadir dengan hasil akhir matte.

Bulan lalu, saya pernah menulis tentang April Skin BB Cushion dan seperti yang saya bilang di artikel tersebut, kalau saya penasaran banget pingin mencoba dan membandingkan cushion keluaran April Skin. Tapi, instead membandingkan dua cushion itu, saya memutuskan untuk mencoba cushion matte terbaru dari Etude House.

Tentunya saat memilih produk untuk dibandingkan, saya nggak sembarang pilih. Karena harus ada satu karakter yang sama dari kedua produk tersebut untuk bisa saya bandingkan. Nah, kesamaan April Skin Magic Snow dengan Etude House Real Powder Cushion, keduanya menjanjikan high coverage dan hasil akhir yang matte. So without further a o, let’s see the comparison!

April Skin Magic Snow -2

April Skin Magic Snow – Rp 250.000,-
Etude House Real Powder Cushion – Rp 200.000,-

Packaging
Seperti cushion pada umumnya, kedua produk ini dikemas dalam bentuk compact yang di dalamnya sudah ada kaca, separator dan cushion-nya sendiri. Nah, yang beda hanya Etude House Real Powder Cushion ukurannya nggak se-bulky cushion pada umumnya.

Formula 

April Skin Magic Cushion

April Skin Magic Snow 

Ketika baru diaplikasikan cushion ini memang terasa sedikit basah, tapi hasilnya langsung terlihat kalau matte. Dengan tekstur yang cukup padat, cushion ini memang ampuh untuk menutupi acne scar, blemishes dan mampu meratakan warna kulit saya. Jadi, klaim full coverage dari cushion ini emang bener kok. Uniknya dengan tekstur padat dan full coverage, cushion ini tetap terasa ringan di wajah, bahkan saya nggak berasa lagi menggunakan base makeup sama sekali. Satu hal yang saya kurang suka dengan cushion ini adalah setelah lima menit pemakaian, warnanya langsung menggelap.

Etude House Real Powder-6

Etude House Real Powder Cushion

Kalau cushion pada umumnya terasa empuk ketika ditekan, cushion dari Etude ini malah terasa lebih keras, sehingga ketika ingin digunakan nggak akan se-messy cushion lain. Produk ini sendiri, dipasarkan sebagai liquid-powder foundation, maka ketika diaplikaskan ke wajah, produk ini langsung berubah menjadi powder dan hasilnya matte.

Dari segi coverage dan kenyamanan saat digunakan, Etude House Real Powder Cushion nggak kalah kok dari April Skin.  Sayangnya, cushion ini terlihat patchy ketika digunakan, khususnya di area wajah yang kering dan settle di pori-pori wajah. Melihat teksturnya yang matte banget, rasanya cushion ini cocok banget untuk kamu yang memiliki kulit super oily.

Final Verdict 

April Skin Etude House

Kalau boleh jujur dari kedua cushion ini nggak ada yang saya suka banget. Tapi setelah saya bandingkan kedua cushion ini, yang masih bisa di ”maafkan” adalah April Skin Magic Cushion. Kenapa? Karena bisa dilihat di atas, kalau hasil akhir cushion ini terlihat lebih natural dan blend ke wajah dibandingkan Etude House. Walaupun warna menggelap ya, masih bisa saya akalin.

So have you tried this new matte cushion? What do you think about it?