3 Rekomendasi Cleanser Berbahan Alami untuk Kulit Acne Prone

Lahir dengan kulit acne prone dan bolak-balik jerawatan ternyata mengajari saya salah satu ilmu penting dalam skincare: choose your cleanser wisely!

Saat kulit lagi breakout, kita seringkali fokus dengan produk-produk yang bisa menghilangkan jerawat secara instan. Contohnya, obat totol, krim malam, toner, masker, plester jerawat, dan lain-lain. Banyak yang mengabaikan pentingnya cleanser, padahal produk ini juga berperan penting dalam skincare routine kulit berjerawat. Memakai cleanser yang salah bisa memperparah kondisi jerawat dan memicu iritasi!

Saya sudah mengumpulkan tiga face wash yang pernah saya pakai saat kulit lagi rewel-rewelnya. Meskipun formulanya berbeda-beda, tapi masing-masing produk punya caranya sendiri untuk bekerja di kulit saya yang sedang breakout.

1. Sensatia Botanicals Acne Clarifying Facial Cleanser

acne clarifying

Awalnya saya kira cleanser ini akan harsh banget di kulit karena kandungan utamanya adalah tea tree dan lemon peel. Apalagi waktu pertama kali dicoba, wanginya cukup kuat, padahal nggak mengandung artificial fragrance sama sekali. Ternyata suudzon saya nggak terbukti, malahan cleanser ini cukup efektif mengurangi bruntusan saya yang waktu itu numpuk di jidat kayak anak SMP.

Meskipun namanya ”clarifying”, tapi ternyata nggak ada efek ketarik atau kering setelah cuci muka pakai cleanser khusus jerawat ini. Kalau jerawatmu sudah agak reda dan mau mencoba cleanser yang lebih gentle, kamu bisa beralih ke Original Soapless Gentle Cleanser, juga dari Sensatia Botanicals.

2. Sukin Foaming Facial Wash

sukinPertama kali mencoba Sukin Foaming Facial Cleanser ini sebenarnya karena iseng, tapi ternyata berbuah manis! Saya langsung naksir dengan cleanser ini karena pantangannya banyak banget: no SLS, synthetic fragrance, mineral oil, paraben, harsh detergent, animal derivatives, dan masih banyak lagi.

Ingredients utamanya adalah chamomile, green tea, dan witch hazel, jadi saya rasa cocok untuk menenangkan kulit yang saat itu lagi iritasi, sensitif dan gampang merah-merah. Terbukti, cleanser ini ampuh meredam redness dan mengurangi dry patches di kulit saya. Wanginya juga segar banget, kayak wangi jeruk :D

3. The Body Shop Aloe Gentle Face Wash

aloee

Anehnya, walaupun mengandung ekstrak aloe vera yang fungsinya calmingcleanser ini justru formulanya paling drying di kulit saya. Mungkin karena di ingredients-nya yang masih mengandung SLS (Sodium Laureth Sulfate). Tapi at least nggak menambah jerawat baru dan produk ini cukup ampuh mengurangi minyak di kulit. Saya memakai Aloe Gentle Facial Wash ini ketika kulit lagi mengalami excessive oil dan clogged pores.

Kadang ada beberapa cleanser yang memang bisa mengurangi minyak, tetapi justru malah bikin jerawat terlihat makin meradang karena terlalu kering. Untungnya hal itu nggak kejadian saat saya memakai Aloe Gentle Facial Wash ini, jadi resiko breakout makin bertambah juga sepertinya nggak terlalu besar.

Lalu, gimana? Jadi harus pakai Sensatia, Sukin, atau The Body Shop, nih? Gampangnya, coba sesuaikan saja dengan kondisi kulitmu sekarang. Kalau kondisi kulit lagi normal tapi ada bruntusan atau beberapa jerawat, bisa pakai Acne Clarifying Sensatia Botanicals. Kalau kulit lagi iritasi parah karena nggak cocok dengan obat dokter atau perawatan jerawat lain misalnya, bisa pakai Sukin yang formulanya gentle banget. Sebaliknya, kalau kulit lagi berasa agak berminyak dan ingin cleanser yang bisa mengontrol sebum tanpa membuat kulit kering kerontang, The Body Shop Aloe Gentle Face Wash is your answer.

Ada yang sudah pernah mencoba tiga produk di atas? Share pengalamanmu di bawah ini, ya!