3 Tips Mudah Atasi Kulit Kusam

Selain jerawat, masalah kulit yang kayaknya dialami hampir semua orang adalah kulit kusam. Banyak banget teman-teman saya yang bertanya, gimana sih, caranya supaya kulit nggak kelihatan kusam?

Jawabannya tentu ada macam-macam. Pertama-tama, cari tahu dulu alasan kulit kamu terlihat kusam. Sel kulit mati yang menumpuk, pori-pori tersumbat, sisa makeup yang nggak kehapus, semuanya berkontribusi membuat kulit terlihat kusam. Ada juga faktor-faktor lainnya seperti gaya hidup kurang sehat, sering begadang, dan sebagainya.

Biarpun begitu, salah satu faktor utama kulit kusam tetap karena penumpukan sel kulit mati. Setiap hari, kulit kita menghasilkan sel kulit baru yang sehat, which means ada sel kulit mati yang harus di-let go. Nah, tetapi sel kulit mati juga nggak semerta-merta langsung rontok begitu ada sel kulit baru yang muncul, malah mereka sering menumpuk dan membuat kulit terlihat butek.

Solusinya? Tiga cara di bawah ini:

1. Lakukan Eksfoliasi Kulit Secara Rutin

Clarisonic_MiaFit_LunaThere’s a reason why you see so many #jualexfoliatingtoner hashtag on Instagram nowadays. Exfoliating toner, sesuai namanya, adalah toner yang fungsinya membersihkan sel kulit mati dari wajah kita. Exfoliating toner mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHA) atau Beta Hydroxy Acid (BHA), dua kandungan yang nggak cuma bisa membersihkan sel kulit mati, tapi juga memperbaiki tekstur kulit dan memudarkan bekas jerawat.

Kalau kamu merasa kurang nyaman eksfoliasi kulit menggunakan exfoliating toner dan butuh exfoliator lain yang lebih nampol, bisa juga memakai face scrub atau invest di cleansing tools seperti Foreo atau Clarisonic. Dengan rajin eksfoliasi, produk skincare yang dipakai juga jadi lebih gampang menyerap, lho.

2. Pakai Sunscreen!

Main pic Best of spfSumber: marykatebrogan.com

Rutin eksfoliasi memang bisa membuat kulit jadi glowing, tapi di saat yang bersamaan memicu kulit jadi sensitif terhadap sinar matahari. Kalau kulit sudah sensitif terhadap sinar UVA, noda hitam dan sun spots akan mudah sekali muncul dan proses regenerasi kulit berjalan lebih lambat. So, sunscreen is a must and you have to wear it everyday without fail.

3. Gunakan Produk Skincare Sesuai Kebutuhan Kulit

vitc1-sideBerbekal ilmu basic skincare dari Affi, tiga tahap skincare yang paling utama adalah cleanse-tone-moisturize. Di luar itu, tambahkan sesuai kebutuhan. Misalnya, kalau kulitmu berjerawat, bisa tambahkan obat totol jerawat. Kulit dehidrasi, bisa selipkan face mist. Kulit kusam? Bisa pakai serum dengan fungsi brightening yang bahan-bahannya memang fokus untuk mencerahkan kulit. Kamu bisa start dengan serum vitamin C (kandungan paling banyak dipakai untuk mencerahkan kulit) dalam konsentrasi rendah dan kalau sudah cocok, baru sesuaikan dengan skincare routine kamu yang biasanya.