4 Persepsi Salah Tentang Foundation

Suka beli warna foundation yang lebih terang? Sejumlah persepsi salah tentang foundation ini harus kamu tinggalkan ASAP.

Siapa di sini yang nggak punya satu botol foundation di rumah? Pasti punya dong? Entah foundation ini digunakan setiap hari atau hanya untuk ke acara special saja. Selama saya menjadi beauty editor dan beauty junkie, ada beberapa persepsi salah mengenai foundation. Mulai dari pemilihan warna, tekstur, cara penggunaan sampai alasan bahwa foundation yang menyebabkan timbulnya permasalahan kulit seperti jerawat, dark spot atau fine lines. Nah, di artikel kali ini, saya mau share empat persepsi salah tentang foundation yang harus segera kamu lupakan.

beauty-hacks-foundation-keputihan-featured

Pilih Warna Foundation 2-3 Tone Lebih Terang/Gelap 

NOPE just NOPE!

Memilih foundation 2-3 tone lebih terang akan bikin wajah kamu terlihat abu-abu. Sedangkan sebaliknya kalau lebih gelap akan bikin kamu terlihat oranye. Kalau bedanya hanya satu tingkat lebih terang  masih wajar saja, karena memang biasanya foundation akan oxidize through out the day. Hal ini berlaku juga untuk kamu yang pakai hijab ya! Jangan beranggapan “Kan leher saya tertutup, jadi menggunakan yang lebih terang ya nggak masalah.”  Memang nggak terlihat sih, tapi ya itu tadi, wajah kamu akan terlihat abu-abu. Nggak mau kan malah terlihat wajah malah terlihat kusam akibat salah memilih warna foundation? Kalau kamu masih bingung cara memilih warna foundation yang tepat, bisa kamu baca penjelasannya di  artikel 3 Tips Memilih Warna Foundation yang Cocok Untuk Kulit Wajahmu,

Foundation Harus Full Coverage 

Foundation adalah base wajah yang fungsi utamanya untuk meratakan tone warna kulit. Jadi, kalau kamu berharap menggunakan foundation untuk menutupi acne scar atau kantung mata yang gelap maka kamu salah banget. Untuk menutupi acne scar kamu membutuhkan bantuan concealer, dan untuk bayangan gelap, kamu membutuhkan bantuan dari corrector. Jadi dibanding kamu menggunakan foundation berlayer-layer, ada baiknya kamu membeli concealer atau corrector untuk menunjang performa foundation.

5 makeup untuk pemula

Foundation Bikin Jerawatan 

Trust me, menggunakan foundation setiap hari nggak akan bikin kamu jerawatan. Penyebab utama kamu menjadi jerawatan biasanya karena kamu nggak cocok dengan foundation yang kamu gunakan. Atau pada malam hari, setelah beraktifitas, kamu nggak mencuci wajah dengan benar. Ketika kamu menggunakan foundation yang tebal atau berjenis long lasting seperti Estee Lauder Double Wear atau Revlon Colorstay maka proses cuci muka harus lebih seksama lagi. Baiknya sebelum mencuci wajah, bersihkan dulu makeup dengan menggunakan cleansing milk atau cleansing butter lalu dilanjutkan dengan facial wash.

Mengaplikasikan Foundation Harus dengan Menggunakan Tools  

Sejujurnya jari adalah tools yang paling bagus untuk mengaplikasikan foundation. Karena, jari memiliki suhu panas tubuh yang bisa menghangatkan foundation, sehingga lebih mudah untuk diratakan. Selain itu, dengan menggunakan jari, coverage yang didapatkan jauh lebih pigmented ketimbang menggunakan brush atau sponge. Satu lagi yang penting, menggunakan jari artinya penggunaan foundation jauh lebih irit.

Kalau makeup artist mungkin menggunakan tools untuk klien dengan alasan kebersihan. Padahal MUA legendaris seperti Mary Greenwell juga anti kuas, lho. Kalau mengaplikasikan foundation dengan menggunakan jari, make sure kalau jari kamu bersih ya.