3 Manfaat Lendir Siput dalam Produk Skincare

Semakin hari, semakin aneh-aneh saja ingredient yang ada dalam produk skincare. Lendir siput salah satunya. Memang apa sih, manfaatnya?

lionesse-new-skin-care-ingredient-snail-slimePemakaian lendir siput untuk mengobati kulit sebenarnya sudah dilakukan sejak zaman Yunani kuno. Lendir siput banyak dipakai untuk mengobati luka bakar, inflamasi, dan segala jenis masalah kulit. Saat itu, cara mengambil lendir siput dilakukan dengan agak ekstrim, yaitu tubuh siput dihancurkan dulu sampai cairannya keluar dengan sendirinya.

Kemampuan lendir siput untuk mengobati kulit ini akhirnya sampai ke pasar Prancis, dimana lendir siput mulai digunakan dalam produk kecantikan. Untuk sang siput sendiri, lendir ini bermanfaat untuk melindungi tubuh mereka dari sengatan sinar matahari dan kekeringan. Nggak cuma itu, lendir siput juga mengandung antimicrobial yang mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur.

Karena lendir siput mengandung 91-98 % air, kebanyakan produk skincare yang mengandung lendir siput ditargetkan untuk menjaga kelembapan dan menahan kadar air dalam kulit. Nah, apakah lendir siput isinya cuma air saja? Absolutely no! Lendir siput juga mengandung bahan-bahan yang sudah nggak asing lagi dalam produk-produk skincare seperti:

Hyaluronic acid

Salah satu kandungan penting untuk membuat kulit lembap. Tubuh kita memproduksi hyaluronic acid secara alami, tetapi seiring bertambahnya usia, jumlahnya semakin berkurang, karena itu kulit kita butuh asupan lebih.

Glycolic acid

Juga dikenal sebagai asam glikolat atau AHA (Alpha Hydroxy Acid). Memiliki fungsi eksfoliasi yang bisa membersihkan kulit dari sel kulit mati. Pemakaian glycolic acid secara rutin juga bisa membuat warna kulit lebih cerah dan rata.

Copper peptides

Berfungsi untuk menstimulasi kolagen dan mendorong regenerasi kulit lebih cepat. Ampuh untuk menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat.

secret_key_snail_egf_repairing_emulsion_1-sideLalu, produk-produk apa saja yang mengandung lendir siput? Too many to count! Tren skincare yang menggunakan lendir siput sangat populer di Korea, terutama untuk rangkaian produk anti-ageing. Hampir semua brand-brand Korea yang terkenal seperti Benton, Cosrx, Secret Key, Tony Moly, dan sebagainya memiliki produk yang mengandung lendir siput sebagai key ingredient-nya.

Namun, teori bahwa penggunaan lendir siput dalam skincare bisa betul-betul memberikan hasil seperti klaimnya juga masih butuh penelitian lebih lanjut. Menurut dermatologis dari New York, Dr. Howard Sobel, butuh penelitin lebih dalam tentang manfaat lendir siput yang spesifik untuk masalah kulit.

Lendir siput, meskipun manfaatnya pada tubuh siput sudah banyak diuji secara klinis, masih butuh dibuat perbandingannya dengan kulit manusia. Untuk bisa bekerja maksimal pada kulit manusia, lendir siput yang diekstrak dari siput kebun ini juga harus didukung dengan bahan-bahan aktif yang kuat dan bisa membantu penyerapan lebih dalam pada kulit.

detail_72814105353cccd0cc1ff5Berhubung saya baru mencoba skincare dengan lendir siput hanya dalam bentuk sheet mask saja, sepertinya belum afdol kalau mengeluarkan opini apakah lendir siput ini benar-benar berfungsi atau tidak. Dari hasil obrolan saya dengan Deszell, yang sudah pernah mencoba beberapa produk yang mengandung lendir siput, ia menyimpulkan bahwa lendir siput memang bagus, tapi efek yang dihasilkan bisa dengan mudah didapatkan dengan produk lain.

“Yang pasti sih kulit jadi lebih glowy, ya. Cuma menurut gue, pake face oil biasa juga hasilnya sama di kulit gue. Jadi nggak harus necessarily cari produk yang lendir siputnya.” ujar Deszell.

Anggapan ini juga disetujui oleh Affi, yang sempat memakai Benton Snail Bee High Content Essence dan Benton Snail Bee High Content Steam Cream selama kurang lebih tiga bulan.

“Essence-nya saya cuma pakai 1 botol dan nggak beli lagi karena ngerasa bahwa serumnya biasa aja. I mean it’s a pretty good serum if you are only looking for hydration, but I need more :D

Kalau creamnya saya beli 1 tube lagi karena kalau kulit saya lagi super duper kering, krim ini membantu banget karena formulanya yang rich banget. Tapi saya nggak tertarik untuk nyobain produk skincare lain yang ada snail mucin-nya karena saya belum ngerasain efek mujarab yang bikin kandungan ini segitu hype-nya.”

Manfaat yang dirasakan, menurut Affi kulit memang jadi lebih lembap dan kenyal. Tapi, seperti yang sudah dibilang di atas, nggak ada efek yang terlalu “spesial” yang mengharuskan ia untuk mencari produk yang spesifik mengandung lendir siput. Any good serum or moisturizer will give the same result.

Untuk mengetahui produk-produk dengan lendir siput yang paling banyak di-review oleh member Female Daily, kamu bisa cek daftarnya di sini. Boleh juga tulis komentar kamu di bawah tentang pengalamanmu mencoba skincare dengan lendir siput. Does it work? Will you recommend it to us? Do share! :)