banner-detik

runway report

Pertarungan Seru di AirAsia Runway Ready Designer Search 2016!

seo-img-article

Ajang final AirAsia Runway Ready Designer Search 2016, baru saja diselenggarakan minggu lalu di Kuala Lumpur. Tahun ini, ada lima negara yang mengikuti AARRDS. 

Setelah kesuksesan AirAsia Runway Ready Designer Search tahun lalu, tahun ini AirAsia dan KL Fashion Week kembali mengadakan ajang pencarian designer muda berbakat. Tapi bedanya, tahun ini ada lima negara yang mengikuti ajang pencarian bakat designer muda. Dari masing-masing negara mengirimkan tiga designer muda untuk mengikuti ajang AirAsia Runway Ready Designer Search 2016. Kelima negara tersebut adalah Malaysia, Indonesia, Singapura, Filipina dan Thailand. Berdasarkan peserta dari lima negara ini, maka tema utama untuk design kali ini adalah ASEAN.

DSCF2851

Kelimabelas designer muda ini, memamerkan kreasi mereka pada 19 Agustus 2016 lalu di  final AirAsia Runway Ready Designer Search 2016. Acara ini juga diadakan bersamaan dengan Kuala Lumpur Fashion Week Ready To Wear 2016. Untuk dewan juri tahun ini adalah CEO AirAsia Berhad Aireen Omar, Andrew Tan, Pendiri KL Fashion Week Ready To Wear dan Vivy Yusof, pendiri situs fashion e-commerce FashionValet. Diakui oleh para juri bahwa pemilihan pemenang sangatlah sulit. Karena tahun ini hanya ada satu pemenang yang akan dipilih dari limabelas kontestan tersebut.

AirAsia Runway Ready  Designer Search 2016-2Image Credit : AirAsia

Penilaian sebesar 80% sudah dimulai sejak di backstage, saat para kontestan kembali menjelaskan konsep dan inspirasi dari design yang mereka buat. Dan menurut para juri, perwakilan dari Indonesia, Malaysia dan Thailand adalah yang paling menonjol dibanding yang lainnya. Penilaian selanjutnya dilakukan ketika baju ini dipresentasikan di runway. Setelah semua kontestan merepresentasikan design-nya akhirnya yang keluar sebagai pemenang adalah Anuruq Jaidee, perwakilan dari Thailand.

Ditemui setelah acara press conference Ghea Panggabean, desainer asal Indonesia, mengatakan “Penjurian tadi sulit sekali buat saya. Karena banyak sekali design baju yang saya suka. Namun, pemenang harus dipilih berdasarkan design yang sesuai dengan konsep ready to wear. Karena design baju-baju ini harus bisa menjual dan menarik untuk dibeli ketika ditaruh di rack display toko. Sejujurnya saya ingin sekali memenangkan satu dari Indonesia, tapi sayangnya hanya ada satu pemenang. Dan saya akui, karya yang dibawakan oleh Anuruq Jaidee, memang menjual dan susai dengan tema yang ditentukan ”

AirAsia Runway Ready  Designer Search 2016-4Image Credit : AirAsia

Untuk pemenang tahun ini, tentunya sudah mendapatkan tempat untuk mebawakan hasil karyanya di KL Fashion Week 2017. Selain  itu pemenang mendapatkan mentorship dari KLFW Team untuk karya yang akan dibawakan tahun depan nanti. Sejumlah cash RM25,000 juga akan diberikan oleh FashionValet sebagai modal untuk membuat koleksi yang akan dijual di sana. Dan tidak ketinggalan pemenang dari AirAsia Runway Ready Designer Search 2016 akan mendapatkan penerbangan gratis untuk semua destinasi yang ingin dituju dan 150.000 AirAsia BIG Poin.

Jujur saja, bagi saya yang kurang memahami fashion, saya kagum sekali dengan anak-anak muda ini. Karya yang mereka bawakan kemarin, menurut saya sangat bagus dan nggak kelihatan kalau yang membuatnya adalah remaja yang baru saja lulus kuliah. Saya sendiri, memang suka dengan design baju Anuruq Jaidee, begitu melihat tiga design yang dibawakan Anuruq, saya pun langsung berkata dalam hati, ‘Nah iya, kalau yang ini bisa banget dipakai sama saya utuk sehari-hari. Saya suka dengan style-nya!’

Semoga event ini bisa memotivasi banyak desainer muda berbakat di Indonesia untuk membuat desain busana yang menarik dan berdaya jual tinggi. Dan, semoga tahun depan, desainer Indonesia yang keluar jadi pemenangnya ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment