banner-detik

made in indonesia

3 Brand Liquid Lipstick Lokal Indie Terbaru

seo-img-article

Setelah BLP dan Roll Over Reaction, pasar liquid lipstick lokal diramaikan lagi oleh tiga brand indie terbaru yaitu Elrich, Cascara dan Esqa.

Udah bosen belum sama liquid matte lipstick? Jujur, saya sudah hampir di titik jenuh sih dengan trend ini. Yang membuat saya kembali excited adalah semakin banyak liquid lipstick datang dari brand lokal, terlebih lagi yang independen. Kalau kemarin-kemarin sudah ada PolkaBLP dan Roll Over Reaction, sekarang ada tiga brand liquid lipstick lokal lagi yang bisa kita coba yaitu Elrich, Esqa dan Cascara Cosmetics.

Beberapa bahkan sudah banyak dikepoin sama FD-ers, yang minta review-nya lewat komen di video atau Instagram FD. Penasaran?

???????????????????????

Kiri-Kanan: Ochell-Cascara Quince, saya-Elrich Seven Angels Nawang Ratna, Dara-Esqa Mauvy Nude

Seven Angels Soft Matte Lip Cream (Harga Rp118.000,-)

Nah, yang pertama ini sudah pernah dengar belum? Review-nya sendiri masih sedikit banget kalau kamu search di internet. Seven Angels Soft Matte Lip Cream ini dikeluarkan oleh brand asal Bandung, Elrich Cosmetics. Ada tujuh shade, yang semuanya diberi nama berdasarkan bidadari di kisah Jaka Tarub. So, Seven Angels, get it? 😀

Secara packaging, saya cukup kecewa. Label nya tampak dipasang manual, dan tepiannya lifting kayak kurang lem. Wand lipstick ini juga goyang-goyang saat aplikasi; jadi parno produknya bakal kemana-mana. Di bagian bawah tube-nya itu ada label nama shade, namun salah satu yang FD terima copot. Entah karena lupa dipasang atau gimana. Ada detail butiran air di tutup kemasan, yang sebenarnya cukup unik. But the overall look just seems cheap 🙁 Semoga kemasannya bisa diperbaiki, ya.

review-elrich-seven-angels

The actual product is actually pretty nice. Teksturnya creamy namun “tipis”, dan butuh dua lapis untuk dapat aplikasi yang rata. Shade yang FD coba adalah Nawang Ratna (a muted fuchsia pink) dan Nawang Kucai (a dusty mauve that reminds me of Stila Patina). Keduanya wearable tapi nggak boring, which I like. Yang aku suka Seven Angels ini nyaman, nggak bikin kering bibir dan transfernya sedikit. Kekurangannya, lumayan cepat menggumpal di bibir..

Elrich Seven Angels Soft Matte Lip Cream bisa kamu beli dengan harga Rp 118.000,-, namun selama masa promo harganya jadi Rp 94.400,- aja.

Cascara Covermatte Lip Cream (Harga Rp135.000,-)

Brand indie satu ini udah ramai banget di-request untuk FD review. Sabar, bakal kita swatch di FD Swatch Sister! In the meantime, ini dia pendapat Associate Editor, Ochell, tentang produk ini:

“Untuk box-nya menurut gue cantik sih, warna hijau dan ada bunga-bunganya. Tube lipstick-nya sendiri, OK kok nggak terkesan murahan dan terasa sturdy. Pilihan warnanya banyak banget ada 15, tapi IMO ada beberapa warna yang mirip-mirip.

review-cascara-lipsick-matte

Cascara Peony, Acacia dan Quince 

Kurang suka dengan wanginya yang terlalu manis kayak permen gitu. Dan sudah dipakai lebih dari 10 menit pun, wanginya masih bisa kecium. Overall tekstur dari lipstick ini, dari setiap shade-nya nggak konsisten. Ada yang teksturnya mousse-y, ada yang cair banget seperti tint. Ketika dipakai untuk minum, lipstick ini sedikit transfer sih ke gelas.”

Saya sendiri sudah coba warna 04 Peony, yaitu warna peach mirip Wardah Socialite Peach. Yang ini teksturnya creamy, dries to a real matte finsh, dan malah nggak transfer sama sekali. But yeah, the texture’s consistency could be improved.

 

Esqa Cosmetics (Harga Rp 179.000,-)

Esqa Cosmetics didirikan oleh dua beauty enthusiasts, Cindy Adranacus dan Kezia Toemion. Cindy dan Kezia yang sudah bersahabat sejak lama ingin membuat brand kosmetik yang bisa bersaing dengan produk-produk luar dan nggak  mengandung bahan-bahan kimia yang keras.

Menurutku kalau feel-nya aja, lipstick ini di bibir 11-12 sama L.A Girl Matte Pigment. Jadi kalau bibir dikatup setelah pakai tuh rasanya kayak cat setengah kering gitu. Hasilnya smooth, nggak drying, dan nggak menggumpal. In depth review menurut Dara:

“Overall aku suka sih sama packaging-nya. Warnanya rose gold, jadi pas pertama diliat tuh striking banget aura elegannya. So feminine and chic! Untuk shade kebetulan aku cuma nyoba yang Matte Liquid Lipstick aja (Dusty Pink & Mauvy Nude). Dusty Pink menurutku warna pink universal yang agak nude, tapi nggak bikin warna kulit jadi washed out. Untuk Mauvy Nude menurutku ini bisa jadi dupe-nya Kylie Lip Kit yang Dolce K sih, soalnya sekilas warnanya mirip banget, semacam pink dengan greyish undertone. Warna ini cukup bikin kulit kelihatan kucel kalo nggak full makeup, jadi aku kurang rekomen untuk pemakaian sehari-hari. Tapi kalo dipaduin sama smokey eyes dan bulu mata tebal, pasti oke banget deh.

review-lipstick-matte-esqa

Esqa Dusty Pink & Mauvy Nude

Cukup suka dengan teksturnya, gampang diaplikasiin dan nggak terlalu cair atau ngegumpal. Wanginya juga enak. Untuk Mauvy Nude dan Dusty Pink, dua-duanya teksturnya sama kok. Termasuk moisturizing untuk ukuran lipstick matte, nggak cracking atau pecah sama sekali. Staying powernya juga lumayan, biasanya aku paling sebel sama liquid lipstick yang pecah di tengah-tengah bibir dan bikin bibir aku jadi kayak bolong, untungnya Esqa bisa tahan cukup awet tanpa keliatan patchy.”

My overall thoughts? So far paling enjoy warna-warna dan kenyamanan Cascara, BUT dari shade-shade tertentu (yang teksturnya lebih cair, actually). Esqa comes second, dan Elrich Seven Angels urutan terakhir karena agak cepat menggumpal walaupun secara shade aku suka banget. Untuk harga, Esqa sedikit terlalu tinggi, yah.

Mana yang sudah kamu coba? Share us your review!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment