Serum Vitamin C Bikin Jerawatan? Ini Penyebabnya

Banyak orang memakai serum vitamin C untuk membantu bekas jerawat. Namun gimana kalau ternyata vitamin C justru menimbilkan jerawat di wajah kamu? Ini penjelasan dokter.

Saat lagi treatment peeling untuk bekas jerawat beberapa waktu lalu di Beauderm Aesthetic, saya juga ngobrol-ngobrol sama dr. Lucy Hendrawan tentang skincare. Salah satunya membahas skincare yang bisa membantu PIH, dan tentu vitamin C kesebut, dong. Anehnya saya so far kurang cocok pakai serum-serum antioksidan, bikin beruntusan. Bahkan yang sudah diracik oleh derm sekalipun. Salah satunya ya vitamin C itu. Hmm saya pernah coba serum OST C20 dan setelah patch test seminggu, langsung muncul bumps. Padahal pakainya sudah tipis-tipis. Apa karena memang muka saya yang sensitif?

serum-vitamin-c-jerawat-1

Ternyata belum tentu. Dr. Lucy pun menjelaskan beberapa fakta tentang produk vitamin C.

Comedogenic Base

Gimana satu produk vitamin C bisa bikin clogging, dan yang lainnya tidak? “Kadang tergantung brand juga,” kata dr. Lucy. “Yang teknologinya bagus bisa bikin formula vitamin C sedemikian rupa sehingga jadi less comedogenic.” Hal ini berkaitan dengan base yang digunakan produk serum tersebut. Jadi selain dengan serum vitamin C, bisa terjadi pada serum jenis lain. Contoh perumpamaan lainnya, saya sebagai pengguna tretinoin sering dengar sharing pengguna Retin-A lain yang mengalami banyak muncul comedones saat memakai Retin-A cream, namun justru membaik saat ganti ke Retin-A jenis gel.

Dr. Lucy sendiri memakai produk serum vitamin C dengan basis serum yang high grade sehingga less comedogenic.

Kulit Kamu Sensitif

Vitamin C konsentrasi tinggi bisa jadi cukup keras dan butuh menyesuaikan dengan kondisi kulit, terutama yang sensitif. Jerawat yang muncul setelahnya bisa jadi hanya purging, alias reaksi sesaat yang akan hilang. Yup, dr. Lucy juga mengofirmasi kalau vitamin C juga bisa bikin purging seperti produk AHA.

“Aku juga pernah gitu. Tapi setelah lima hari, hilang juga tuh.” kata dr. Lucy.

Kalau setelah dua minggu produk vitamin C kamu masih membuat purging, mungkin balik lagi ke poin nomor satu. Kamu belum menemukan formulasi serum vitamin C yang cocok. Silakan hunting lagi :D