5 Tips Mudah Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

Mewarnai rambut sendiri di rumah mudah kok, dan nggak sesusah yang kamu bayangkan. 

Mungkin bagi yang belum terbiasa, mewarnai rambut di rumah rasanya sulit dan ribet. Tapi, dengan persiapan dan research yang benar, mewarnai rambut di rumah itu gampang kok. Saya sendiri, sampai saat ini, masih suka kok, touch-up warna rambut sendiri di rumah. Karena hasilnya lebih memuaskan dan saya bisa santai di rumah.

Tapi yang nggak saya sarankan adalah melakukan hair bleaching sendiri. Karena, hair bleach membutuhkan bantuan dari tangan profesional, supaya rambut nggak rusak atau kering. Dan mengingat rambut Asia, memiliki tone warna merah yang kuat, bleach saja nggak cukup. Butuh dibantu dengan toning, supaya hasilnya bagus, dan rambut nggak berwarna oranye.

Baca juga : 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mewarnai Rambut

Tips Mudah Mewarnai Rambut di Rumah

Berikut tips untuk mewarnai rambut sendiri di rumah :

- Test patch, supaya aman dan tahu apakah kamu alergi dengan bahan-bahan cat rambut, sebaiknya 1 malam sebelumnya kamu lakukan test patch dulu. Tuangkan sedikit cat rambut di bagian tubuh seperti belakang kuping, lengan dalam atau leher. Kalau mau lebih aman lagi, lakukan test patch ini selama 2×24 jam.

- Pemilihan Cat Rambut, bagi rambut yang masih virgin (belum pernah dicat sama sekali) baiknya, memilih warna cat yang lebih terang 2-3 level dari diinginkan. Selain itu, kalau kamu memiliki rambut yang panjang atau tebal, disarankan untuk membeli dua sampai tiga box cat rambut.

- Petroleum Jelly, sebelum mewarnai rambut, ada baiknya kamu menggunakan petroleum jelly. Gunakan produk ini pada area dahi, pipi, kuping dan leher. Gunanya, area kulit wajah yang terkena cat rambut lebih mudah untuk dihapus.

- Pastikan Rambut Bersih, supaya warnanya lebih masuk, usahakan rambut bebas dari produk-produk perawatan rambut. Misalnya, seperti menggunakan leave on conditioner atau hair serum. Usahakan juga, untuk mewarnai rambut di hari kedua setelah keramas.

- Siapkan Dua Kaca Besar, posisikan satu kaca di belakang tubuh kita, dan satu di depan. Kaca di belakang gunanya untuk melihat, apakah kamu sudah menyentuh semua bagian rambut di belakang kepala kamu. Atau, kalau kamu masih kurang yakin, coba minta bantuan dari teman atau saudara, untuk mengaplikasikan cat rambut pada bagian tersebut.

- Shower Cap/ Kantong Plastik, siapkan salah satu benda ini, untuk menutupi  rambut  yang sudah diwarnai. Gunanya, agar udara panas alami kepala akan membantu membuka kutikula rambut. Sehingga bahan-bahan pewarna rambut, akan lebih masuk dan warnanya lebih terlihat.

Mewarnai rambut sendiri di rumah amat mudah, kan? Nah, kalau kamu masih belum “berani” mewarnai rambut dengan cat rambut berbentuk paste, bisa juga mencoba mewarnai rambut dengan produk hair bubble. Produk ini penggunaannya lebih mudah, karena seperti keramas biasa.