5 Skin Care Wajib Dibeli dari Jepang

Libur Lebaran kemarin, saya sempat pergi ke Jepang. Inilah oleh-oleh dari saya, pengetahuan seputar skin care bagus dari Jepang. 

I must say that Japan is a skin care lovers heaven. Dari skin care yang dijual di drugstore dengan harga terjangkau hingga department store yang harganya membuat kita gigit jari, semua ada di Jepang. Selain itu, skin care buatan Jepang terkenal sekali dengan kualitasnya yang bagus. Sayangnya, pada perjalanan saya ke Jepang saat liburan lebaran kemarin, saya tidak punya banyak waktu untuk explore bermacam-macam merek skin care yang ada di Jepang. Saya hanya berfokus pada merek-merek yang saya pikir wajib saya beli dan mudah didapatkan. Nah, karena juga sepulangnya saya dari Jepang banyak yang menanyakan skin care apa yang harus dibeli di Jepang, artikel ini adalah oleh-oleh dari perjalanan saya.

Screen Shot 2016-07-29 at 4.09.59 PM

1. Hada Labo Gokujyun Premium Lotion

Hada Labo mungkin merek yang mudah ditemukan di Indonesia. Tapi lini Gokujyun premium ini sayangnya belum ada di Indonesia dan sejauh yang saya tahu tidak ada di Malaysia dan Singapura. Selain di Jepang, negara lain yang menjual lini ini adalah Thailand. Jadi bisa dibilang hard to find item. Sebelumnya saya pernah menuliskan wishlist untuk produk ini karena saking susahnya mencarinya. Teksturnya lebih kental ketimbang lini Gokujyun yang biasa dan sebagai hasil, khasiatnya pun lebih melembapkan semalaman. Saya suka sekali memakainya di malam hari. Ulasan lengkap mengenai produk ini bisa dibaca juga di sini. Lotion-nya sendiri harganya tidak lebih dari JPY1,000.

Selain lotion, patut juga dilirik produk lain dari lini ini yaitu premium jelly – semacam balm sebagai pengganti pelembap apabila kulit kalian memiliki masalah dengan kekeringan – dan essence. Kedua produk ini saya sendiri belum pernah mencobanya, but considering the very affordable price, it’s really worth to try.

Produk ini bisa didapatkan di drugstore seperti Matsumoto Kiyoshi.

2. Fancl Powder Washing II

Setiap ada yang bertanya kepada saya produk apa yang harus dibeli dari Jepang, saya selalu menjawab Fancl! Baru-baru ini memang Fancl hadir kembali di Singapura, akan tetapi sebelumnya selain di Jepang dan Hong Kong, merek ini adalah merek yang susah ditemukan. Apabila kalian ingin produk yang bebas pengawet dan tanpa wewangian, merek ini cocok sekali untuk kalian.

Produk favorit saya adalah Fancl Powder Washing yaitu sabun dalam bentuk bubuk yang bisa menghasilkan busa kental dan banyak. Sabun ini sendiri terdapat kandungan enzim sehingga dapat membantu mengangkat sel kulit mati. Selain itu produk ini tidak membuat kulit saya kering dan juga pH-nya berada di angka di bawah 5.5. Harga satu botol produk ini adalah JPY1,296. Jika ingin melihat ulasan lengkap produk ini, bisa dilihat di sini.

Selain itu, untuk membantu membuat busa yang kental dan padat, jangan lupa membeli bola biru kecil seperti yang ada di foto. Alat ini bisa digunakan untuk membuat busa dengan bubuk sabun tersebut. Harganya sendiri hanya sekitar JPY51.

Produk ini lumayan mudah mencarinya, bisa didapatkan di toko Fancl atau di drugstore seperti Matsumoto Kiyoshi.

3. DHC Deep Cleansing Oil

If you’re a fan of cleansing oil, this is a must try for you. Teksturnya pas, tidak terlalu kental dan terlalu ringan. Mudah sekali membersihkan makeup termasuk mascara Majolica Majorca saya yang susah sekali dibersihkannya. Diemulsifikasikannya pun gampang sekali. Japanese cleansing oils are the best at removing makeup and this is no exception. Terdapat dalam beberapa ukuran dengan ukuran terkecil yaitu 60ml. Untuk botol besar harganya dibanderol sekitar JPY2,160.

Produk ini mudah sekali dicari. Selain di toko DHC dan drugstore, saya juga sering menemukan merek ini di convenience store seperti Family Mart atau 7 Eleven.

4. Lululun Mask

Masker Lululun memang sedang hits sekali di toko-toko Instagram. Tentu saja ini bukan tanpa alasan. Jujur saja, saya bukan penggemar tissue mask, karena terkadang lapisan tisunya terlalu tebal dan cairan essence yang terpadat di masker tersebut terlalu kental dan susah menyerap ke kulit. Saya suka sekali dengan masker Lululun karena lapisan tisunya tipis, cairannya cepat menyerap ke kulit, dan hasil positifnya terlihat. Harganya pun tidak mahal, JPY400 untuk isi 7 dan JPY1,500 untuk isi 30.

Yang saya kurang suka dari masker ini adalah kemasannya. Satu kantong langsung berisi 7 atau 30 masker sehingga kurang steril. Selain itu, ukuran masker ini pun lumayan kecil. Kalau untuk wajah Asia sih tidak masalah sepertinya. Tapi banyak ulasan negatif tentang masker ini dari blogger barat karena ukuran masker yang kecil sekali. But with that kind of price, why don’t you give it a try.

Sama seperti Hada Labo, produk ini mudah sekali ditemukan di drugstore.

5. In Fiore Japan

In Fiore mungkin adalah merek natural skin care dari San Francisco. Tapi ternyata merek ini bekerja sama dengan Albion untuk membuat In Fiore Japan, di mana produk-produk yang dijual di sana berbeda dengan yang dijual di tokonya di San Francisco. I love this brand and it’s one of my biggest regrets that I didn’t get the chance to visit their store in Japan.

Produk kesayangan saya Nourrit Complexe Face Oil, bisa didapatkan di sini juga, loh. Selain itu ada produk-produk yang hanya dijual di Jepang seperti  Souplesse Cleansing Milk atau Raffermissant Fleur essence yang terdengar so mysterious and ethereal. Saya bahkan tidak tahu fungsi kedua produk ini :p Harga produk-produk In Fiore mungkin tidak murah, sekitar JPY5,000-15,000, but you definitely need to try them.

Dua toko In Fiore yang mudah dikunjungi adalah Terrarium Omotesando di Kita-Aoyama dan Isetan (Beauty Apothecary) di Shinjuku jika kalian mengunjungi Tokyo. Atau jika kalian mengunjungi Osaka bisa juga cek konternya di Takashimaya Department Store atau Hankyu Umeda.

Menurut kalian, produk skin care apa sih yang harus dibeli dari Jepang?