Eksklusif: Tips Flawless Makeup Panggung Broadway!

Gimana caranya makeup aktor panggung bisa flawless dan tahan keringat? Bertahun-tahun memerankan John Lennon di musikal “Let It Be”, penyanyi Inggris Michael Gagliano tahu rahasianya.

Seperti janji saya, sepulang nonton musikal Let It Be di Kuala Lumpur, saya pulang dengan hasil obrolan cantik tentang stage makeup dengan Michael Gagliano. Michael adalah pemeran pentolan The Beatles, John Lennon, di musikal Let It Be sejak 2012, dan sudah keliling Broadway, West End (Broadway-nya Inggris) sampai Asia tampil sebagai John Lennon.

tips-makeup-panggung-teater-2

Beauty tips today by Michael Gagliano a.k.a John Lennon on the left there!

tips-makeup-panggung-teater-2

Image: Paul Coltas

I learned that Michael is also the man behind the band The Sails (wajib dengerin lagunya yang  Chocolate, it’s just too good!), dan selama ini dandan sendiri untuk setiap show Let It Be! Dari obrolan kita lewat social media dan e-mail, Michael pun dengan murah hati berbagi tips ala makeup panggung, produk andalannya sampai what he thinks about women and makeup.

Michael, kamu tuh mirip banget sama John. Waktu audisi dulu, dilihat nggak sih, mirip-nggak nya calon cast sama personil Beatles asli?

Well, mungkin juga. Tapi yang lebih dilihat adalah kemampuan untuk “menangkap” sosok The Beatles dan memainkan musik mereka di panggung besar sekelas West End London dan Broadway, semirip mungkin dengan mereka, those handsome devils!

Ceritain dong proses di belakang panggung. Kalau makeup tuh berapa lama, sih? Tim nya banyak, ya?

Aku selalu makeup sendiri. Persiapan dan ber- makeup kira-kira makan waktu 40 menit, deh. I just make my skin paler, karena aku lebih gelap dari John Lennon. Aku lebih nekenin ke bagian hidung, the famous Lennon nose, dengan pakai shading.

tips-cara-makeup-teater-panggung-tahan-lama-1

Waah dandan sendiri toh! Biasa pakai produk apa aja? Terus bersihin makeup panggung tebel gitu gimana? Any tricks? (baper).

Aku selalu pakai face primer Rimmel sebelum foundation Kryolan, jadi coverage-nya smooth dan foundation nggak settle di pori-pori. Ngaruh juga saat mau remove makeup setelah tampil, jadi lebih gampang dihapusnya.

tips-cara-makeup-paggung-teater-2

Satu trik: aku pakai sedikit Vaseline di garis rambut sebelum foundation. Gunanya untuk menahan keringat agar nggak jatuh ke mata, karena lampu panggung itu panas banget. Ini juga trik andalan pemain tenis, and it may be a handy tip for your readers.

Yes, thank you! Setelah bertahun-tahun harus makeup-an, does it make you appreciate women more that love doing it daily? :D

Banyak cewek bahkan nggak butuh makeup, menurutku. Tapi coba aja bilang gitu ke mereka, kalau nggak dipelototin! Aku ngerti, sih, it makes the face pops and looks it’s best, tapi aku suka yang natural-natural aja. I’m not a massive fan either, really. Tapi yah, namanya juga bagian pekerjaan jadi stage performer, ya.