Kulit Berjerawat Butuh Pelembap atau Tidak?

Sedang treatment jerawat? Nah, banyak di antara kita yang menghindari pakai pelembap. Padahal sebenarnya saat berjerawat, kamu tetap wajib pakai skincare lengkap. 

Ketika jerawat tumbuh, pasti kita sangat ingin memencet jerawat, ya nggak? Apalagi, kalau yang mucul adalah jerawat meradang yang gatal dan tersentuh sedikit saja sakitnya setengah mati. Kalau jerawat seperti ini lagi ‘berdatangan’, pasti malamnya saya akan menggunakan tiga lapis spot treatment, supaya jerawatnya cepat kempes. Bukannya nggak mau kelihatan wajah berjerawat, tapi saya nggak tahan banget dengan rasa gatalnya.

Belakangan ini saya baru ngeh, ternyata hal yang saya lakukan itu salah banget. Karena menggunakan spot treatment terlalu banyak, berakibat wajah jadi kering, sensitif dan kusam. Selain itu, waktu menggunakan spot treatment, saya juga stop menggunakan pelembap. Jadi kebayang nggak kering dan dehidrasinya kulit saya saat itu? Jadi, setiap malam atau pagi hari, saya hanya mencuci wajah, menggunakan exfoliating toner, spot treatment dan sunblock. Hasilnya? Memang jerawat jadi cepat hilang. Tapi, duh, kondisi kulit jadi jelek banget, karena kering dan jadi cepat merah.

Paula-Choice-1-down

Baca Juga :  3 Produk Makeup yang Dibutuhkan Kulit Berjerawat

Skincare-Baru-Malah-Memicu-Jerawat-Ini-Yang-Harus-Dilakukan-product

Supaya kamu nggak mengalami apa yang saya alami, lakukan hal-hal ini :

– Biasanya spot treatment mengandung benzoyl peroxide yang berfungsi membunuh bakteri pada kulit. Jadi pastinya akan membuat kulit menjadi kering. Makanya penting bagi kita untuk tetap menggunakan serum atau pelembap dengan tekstur ringan, agar kulit tetap terjaga kelembapannya.

– Hindari tidur larut malam, apalagi lewat dari jam dua belas malam setiap harinya. Kurang tidur, bisa menjadi salah satu pemicu timbul jerawat, khususnya pada area rahang. Kurang tidur, memperlambat peremajaan kulit dan meningkatkan peradangan pada kulit. Selain itu meningkatnya level stress bisa memicu tumbuhnnya jerawat baru. Usahakan untuk mulai tidur pada jam sepuluh malam, demi mendapatkan 8 hours beauty sleep.

– Stop gonta-ganti skin care, jangan ganti rangkaian skin care kamu ketika sendang mengatasi jerawat. Karena ketika kamu mengganti skin care, kulit membutuhkan waktu untuk adaptasi. Dan dalam proses ini, biasanya kulit akan purging (mengeluarkan jerawat kecil). So stick to your usual skin care routine. 

Kalau kamu sudah melakukan tiga tahap ini, namun masih belum melihat perubahan pada kulit wajah kamu. Mungkin kamu harus mampir ke dokter kulit untuk dicek lebih lanjut mengenai jerawat kamu. Siapa tahu, jerawat yang kamu alami merupakan kasus jerawat yang parah.