banner-detik

oily

Anak SMA Pakai Makeup ke Sekolah, Setuju?

seo-img-article

Semenjak kasus Awkarin yang sempat heboh kemarin, banyak orang yang melihat foto-foto di IG-nya dan langsung nyeletuk, “Hah, serius umurnya baru 18 tahun? Kok di foto kayak 25 tahun?!”

Memang nggak bisa bohong kalau anak-anak SMA zaman sekarang sudah seribu kali lipat lebih jago dandan daripada, let’s say, anak SMA lima tahun yang lalu. Saya pernah lagi malam mingguan di suatu coffee shop di Pondok Indah Mall dan di meja sebelah saya ada sekumpulan geng cewek-cewek yang gayanya maksimal banget. Kaos crop top, rambut dicatok ikal-ikal, alis on fleek, dan lipstick merah menyala. Kalau saya nggak sengaja dengar mereka lagi ngomongin soal-soal UN, mungkin saya akan berpikir mereka seumuran dengan saya.

I’m not trying to be that jerk who says, “Ah, anak-anak SMA sekarang emang cara pake baju dan makeup-nya lebay, beda banget ama zaman gue SMA dulu”. Lho, zaman sudah jelas berbeda dengan waktu saya SMA. Tahun 2009-2010, Youtube dan Instagram belum terlalu berpengaruh pada keseharian kita, sementara sekarang anak SMA terpengaruh banget dengan social media persona.

Sekarang, kita bisa mengakses video makeup tutorial dan foto-foto selebriti 24/7 lewat berbagai macam portal online. Belum lagi ditambah online shop yang setiap hari update barang-barang mulai dari baju, sepatu, hingga makeup. Jadi, nggak heran kalau adik-adik SMA sekarang juga mendapat lebih banyak influence dari luar dibandingkan dulu, karena informasi yang mereka dapatkan juga lebih cepat.

Bicara tentang makeup anak SMA, beberapa waktu lalu saya menonton “Back To School Makeup Tutorial” di Youtube. Kebanyakan tutorialnya kurang lebih seperti “No-Makeup Makeup”, yang hanya memakai produk-produk basic dengan tujuan supaya wajah terlihat lebih segar. Berhubung dulu saya ke sekolah betul-betul hanya mandi dan sisiran, cukup kaget juga bahwa ternyata sekarang anak SMA memakai setidaknya tiga produk untuk pergi ke sekolah sehari-hari. Wah, apa saja, tuh?

Screen Shot 2016-07-24 at 4.46.05 PMSumber: Youtube.com/DiaryDeanda

Untuk kroscek lebih jauh, akhirnya saya ngobrol-ngobrol dengan Farah, adik dari seorang teman yang sekarang masih sekolah di suatu SMA unggulan di Jakarta. Menurut Farah, ada tiga produk yang paling sering dipakai oleh anak-anak SMA sekarang yaitu pensil alis, bedak, dan lip tint.

“Kadang juga ada sih Kak, yang pakai concealer di bawah mata atau untuk nutupin jerawat. Tapi standarnya sih tiga itu, alis, bedak, sama lip tint. Lip tint yang banyak dipake itu Etude House yang Berry Red atau Cherry Red.” ujar Farah. “Untuk eye makeup, paling-paling cuma jepit bulu mata dan baru pake eyeliner atau mascara kalau mau pergi ke mall abis pulang sekolah.”

Lalu, peraturan di sekolah sendiri gimana? Ada nggak yang pernah dimarahin guru karena ketahuan makeup-an?

Baca juga: 3 Lip Tint Favorit di FDHQ

Screen Shot 2016-07-25 at 8.58.31 AMSumber: Youtube.com/NandaArsyinta

“Kalau peraturan sekolah sih ya nggak ngebolehin, Kak. Guru-guru kadang cuek, tapi kalo yang killer gitu biasanya langsung marah kalo lihat ada yang pake lip tint terlalu merah. Oh iya, selain makeup banyak juga yang sampe sekolah langsung nyatok, biasanya per kelas ada satu orang yang bawa catokan terus nanti pinjem-pinjeman gitu, Kak. Yang nggak nyatok sih biasanya rambutnya dijepit ke dalem aja.”

Anak SMA pakai makeup ke sekolah memang bukan hal baru. Zaman saya dulu juga ada kok beberapa yang sudah pakai lip balm berwarna, bedakan, bahkan pakai eyeliner tipis-tipis. Tapi jumlahnya belum sebanyak sekarang, yang kalau kata Farah, “hampir semua cewek-cewek di angkatannya”. Dulu, yang pakai makeup ke sekolah masih bisa dihitung pakai jari.

Santi, Managing Editor Female Daily yang anaknya baru saja lulus SMA, mengaku santai kalau anaknya mau memakai makeup ke sekolah.

“Kebetulan sekolah anak gue memang melarang murid-muridnya pakai makeup, jadi otomatis anak gue memang nggak pernah makeup-an ke sekolah. Gue sih nggak melarang ya, cuma mungkin gue akan lebih menekankan untuk pakai pelembap dan sunscreen aja daripada makeup, supaya kulitnya nggak kusam!”

Kalau ditanya setuju atau nggak soal anak SMA makeup-an ke sekolah, jawaban saya: boleh-boleh aja, kenapa enggak? Kalau cuma sebatas bedakan supaya nggak berminyak, latihan pakai pensil alis, dan lip tint biar nggak pucat, nggak apa-apa, sih. Asalkan yang standar-standar saja ya, jangan tiba-tiba pakai liquid lipstick warna fuschia atau blush on warna mentereng.

Justru dengan “colong-colong” pakai makeup waktu SMA, artinya skill “No-Makeup Makeup”-nya bisa makin jago kan, hehehe. Yah, walaupun kalau disuruh pilih sih, lebih baik nggak usah makeup-an ke sekolah ya, karena justru masa-masa dekil dan kusam waktu SMA itu adalah seninya jadi anak sekolahan. Hihihi.

Baca juga: Makeup Anak Kuliahan, Harus Pakai Apa Saja?

Kalau kamu sendiri gimana? Setuju nggak kalau adik atau saudara kamu yang masih SMA sudah pakai makeup ke sekolah? Share komentarmu di bawah, ya!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment