3 Produk Makeup yang Dibutuhkan Kulit Berjerawat

Memakai makeup saat kondisi kulit berjerawat memang cukup tricky. I learned the hard way that applying makeup on your face when it’s not in its best state can be a nightmare, that’s why you need these three product on a daily basis!

Saat kulit lagi jerawatan, inginnya sih tampil polos saja tanpa harus menumpuk banyak produk di kulit. Tapi namanya juga manusia, pasti ada saja kan, hari-hari dimana kita merasa insecure dengan jerawat dan mau sedikit menutupinya dengan makeup. Nah, kalau lagi agak insecure (atau simply memang lagi mau makeup-an saja) saya selalu menggunakan kombinasi tiga produk ini.

SAMSUNG CAMERA PICTURES1. Face primer

Fungsi utama face primer memang supaya aplikasi makeup lebih smooth dan tahan lebih lama di wajah kita. Tapi untuk kulit berjerawat yang masalahnya bermacam-macam (mulai dari kulit berminyak, dry patches di beberapa area karena efek obat jerawat, kemerahan, dsb), produk seperti BB Cream, BB Cushion, atau foundation bisa susah sekali menempel. Kalau nggak cepat luntur karena kulit berminyak, aplikasinya pasti blotchy dan membuat dry patches semakin terlihat.

Karena itu, sebagai “alas” untuk kulit kita yang lagi bermasalah, peran face primer cukup krusial. Saat ini saya lagi suka banget Innisfree No Sebum Blur Primer, yang saya pakai setiap hari di daerah T-zone. Oke banget untuk mengontrol minyak dan membuat permukaan kulit jadi lebih halus!

2. BB Cream, BB cushion atau foundation bertekstur ringan

Saat sedang jerawatan, kulit saya gampang sekali terlihat merah-merah. Jadi, sehari-hari saya sering pakai BB Cushion untuk menyamarkan merah-merahnya. Saya menghindari untuk mengaplikasikan terlalu banyak layer, apalagi kalau sedang banyak jerawat aktif yang lagi matang-matangnya. Karena walaupun full coverage foundation dan concealer memang bisa menutupi jerawat, kulit yang sedang bermasalah sebetulnya butuh “bernafas” dan jangan dilapisi makeup tebal setiap hari. Percaya deh, jerawat lebih cepat recovery-nya saat tidak sedang didempul makeup tebal setiap hari!

3. Bedak matte

Final step, seal everything with a good powder. Nggak harus yang terlalu mahal, karena bedak favorit saya pun harganya nggak lebih dari Rp 100 ribu tapi ampuh banget untuk menahan minyak dan menjaga makeup supaya nggak luntur. Pilih bedak yang memiliki fungsi menyamarkan pori-pori dengan hasil matte supaya aplikasinya juga terlihat lebih halus.