Pahami 4 Tips Dasar Mencuci Muka dengan Tepat

Sudah benarkah caramu mencuci muka? Inilah 4 tips mencuci muka yang tepat agar kulit lebih sehat!

cleansing oil-17 copy1. Gunakan air hangat

Air yang digunakan harus hangat karena air yang terlalu panas bisa membuat kulit kering dan memerah, sementara air yang terlalu dingin juga bisa mengganggu pembuluh darah. Temperatur yang terlalu ekstrim bagi kulit sangat mungkin menimbulkan iritasi!

2. Aplikasikan sabun cuci muka saat wajah masih kering

Mungkin kedengarannya memang aneh, tapi saya pun baru mengaplikasikan trik ini beberapa bulan yang lalu. Jika kita membasuh wajah terlebih dahulu, sabun cuci mukanya akan “numpang lewat” saja karena efek licin dari air. Tapi, jika kita mengaplikasikannya saat wajah masih kering, kotoran akan lebih efektif terangkat dan pori-pori pun jadi lebih bersih.

3. Buat busa di tangan, bukan di wajah

Ilmu ini saya dapatkan dari Hada Labo di acara beauty workshop bersama FD hari Kamis lalu. Hindari menggosok-gosokkan sabun cuci muka di wajah untuk membuat busa, cukup lakukan gerakan massage saja dengan busa yang sudah dibuat di tangan sebelumya. Gerakan massage memutar akan membantu sirkulasi darah berjalan lebih lancar dan pressure-nya pun tidak akan sekeras jika digosok-gosok.

4. Jangan menggosok wajah dengan handuk

Tips ini sudah lama sekali saya baca, kalau nggak salah di artikel yang membahas trik-trik membersihkan wajah ala perempuan Korea :D Salah satu alasan kenapa kulit mereka selalu halus dan kenyal adalah mereka jarang sekali mengeringkan wajah dengan handuk karena gesekannya bisa memicu timbulnya kerut dan fine lines.

Biasanya, mereka membiarkan wajahnya kering dengan air-dry, tapi kalau kamu harus menghemat waktu, bisa juga dengan ditepuk-tepuk perlahan dengan handuk bersih (jangan digosok!). Pastikan handuk yang digunakan masih baru ya, karena handuk bekas adalah sarang bakteri yang tentu bisa mengundang jerawat!

5. Langsung aplikasikan skincare selanjutnya saat wajah masih lembap

Oke, ini memang bukan tentang mencuci muka, tapi anggap saja bonus point. Setelah beres mencuci muka, saat kulit masih lembap dan belum kering 100%, langsung aplikasikan produk-produk skincare selanjutnya! Pelembap, serum, toner, night cream, dan sejenisnya akan terserap lebih maksimal saat kulit dalam keadaan lembap. Kalau memang kulitmu cepat sekali kering, bisa juga semprotkan face mist sebelum memakai produk-produk lain agar kelembapan kulit bisa tahan sedikit lebih lama.