3 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Sahur

Awal-awal puasa, menu sahur biasanya ada bermacam-macam. Apapun makanannya, pastikan bahwa tiga makanan ini tetap ada ya, supaya kondisi tubuh lebih prima saat menjalankan ibadah puasa!

1. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks menjadi makanan yang wajib dikonsumsi saat sahur karena efeknya yang bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama. Butuh waktu lebih lama bagi tubuh kita untuk mencerna karbohidrat kompleks dan dibandingkan dengan karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks memiliki level gula yang lebih rendah. Selain itu, karbohidrat kompleks juga mengandung vitamin dan mineral yang lebih banyak.

Contoh karbohidrat kompleks antara lain adalah beras merah, gandum, jagung, kentang, pisang, dan ubi. Bahkan beberapa produk dairy seperti skim milk dan low-fat yogurt juga termasuk kategori karbohidrat kompleks. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang, karbohidrat kompleks bisa membantu puasa menjadi lebih lancar. Nggak cuma kenyang, tubuh kita juga mendapat nutrisi dan manfaat lebih!

dates2. Air putih

Jangan minum teh dan kopi saat sahur! Teh dan kopi akan memancing buang air dan membuat kita gampang merasa haus. Nggak cuma itu, meminum teh saat sahur juga bisa menetralkan asupan nutrisi yang sudah didapat dari karbohidrat kompleks yang kita konsumsi. Kafein yang terdapat di dalam teh dan kopi juga akan memicu dehidrasi di tubuh kita.

Karena itu, minuman yang paling dianjurkan untuk diminum saat sahur, tidak lain dan tidak bukan adalah air putih. Selain bisa menghidrasi tubuh dari dalam secara efektif, air putih juga bisa menyeimbangkan cairan tubuh yang hilang. Bukan berarti teh dan kopi tidak boleh diminum sama sekali saat sahur, tetapi lebih baik jumlahnya dikurangi.

3. Kurma

Harus diakui, saya hanya makan kurma saat bulan puasa saja. :) Mungkin memang nggak semua orang suka dengan kurma, tapi manfaat kurma bagi tubuh sudah terkenal sejak lama karena kandungan seratnya yang tinggi. Kurma juga membantu otak kita fokus selama puasa dan tubuh jadi lebih berenergi. Mengonsumsi dua atau tiga butir kurma saat sahur sudah cukup untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh saat berpuasa.