Lingkaran Hitam Bawah Mata Tidak Bisa Hilang?

Sudah mencoba berbagai eye cream, tapi lingkaran hitam bawah mata masih betah juga? Menurut dokter kulit, hal ini karena memang “si mata panda” enggak bisa hilang. Ini alasannya.

“Kalau ada krim mata yang bisa menghilangkan lingkaran hitam , Net…sudah aku resepin ke pasien-pasienku,” kata dr. Dewi Hasanah, SpKK yang mematahkan harapan saat saya bertanya bagaimana caranya menghilangkan lingkaran hitam yang ngeselin ini. Dokter yang juga membantu saya membahas soal kulit sensitif & berjerawat ini mengatakan, kalau sampai sekarang dia belum menemukan, tuh, krim mata atau skincare apa pun yang bisa tuntas menghilangkan mata panda.

lingkaran-hitam-bawah-mata-1

Well, sebenarnya saya sendiri pun juga bukan believer dalam soal krim mata. I don’t think you need something separated for this area. Mungkin kalau eye cream kaya peptides yang bisa membantu mencegah kerut, yaa boleh lah. Skincare guru dari sub-thread terkenal Reddit, Skincare Addiction, juga setuju kalau efek krim mata yang dijual di pasaran, enggak akan lebih baik dari pelembap + skincare berantioksidan yang sudah dipakai untuk kulit wajah dalam hal merawat area sekitar mata.

Yang lebih blunder lagi, banyak krim mata mengklaim bisa mencerahkan under-eye, dengan senjata kandungan pencerah seperti niacinamide. Padahal, lingkaran hitam bawah mata itu bukan pigmentasi!

“Hitam (di bawah mata) itu bukan pigmentasi, tapi pembuluh darah yang melebar,” jelas dr. Dewi. “Jadi, mau dikasih pencerah sebanyak apa juga enggak akan berefek.”

Solusi dari dr. Dewi untuk mengurangi lingkaran hitam adalah mengompres area mata dengan es batu yang dibalut serbet bersih, atau kantong teh dingin. Jadi, usaha kita hanya bisa sebatas mengurangi pembengkakannya saja. Tapi, usaha ini juga mungkin hanya ampuh bagi kita yang punya mata panda karena kurang tidur. Karena kalau sudah bawaan dari lahir, hampir pasti lingkaran hitam kita enggak akan hilang! Yah, sama seperti masalah pori-pori besar deh.

Karena kasus mata panda saya fix banget sudah bawaan dari lahir, saya jadi pasrah deh sama masalah lingkaran gelap. Jago-jago aja nge-blend concealer kesayangan, dan menghindari hal-hal ini.