Rencana Darurat yang Harus Dipersiapkan oleh Setiap Calon Pengantin

Setiap rencana yang dirancang, harus memiliki rencana cadangan, termasuk rencana pernikahan kamu. Situasi apa saja sih, yang bisa membuat rencana pesta pernikahanmu jadi berantakan? 

Walaupun kamu telah mengatur pesta pernikahan untuk berjalan dengan sempurna, selalu saja ada kemungkinan rencana awal tak berjalan sesuai rencana. Ada baiknya menyiapkan rencana darurat terlebih dahulu untuk hal-hal darurat sebelum hal-hal yang tidak diinginkan terjadi di pesta pernikahan kamu.

  1. Hujan

Beberapa pengantin banyak yang percaya jika mereka berencana untuk mengantisipasi akan terjadinya hujan, maka hujan deras akan benar-benar terjadi di venue pernikahan mereka. Nyatanya, mempersiapkan rencana jika terjadi hujan, bukan berarti meminta hujan deras turun. Lagipula apa salahnya jika hujan turun? Mungkin hal itu dapat menambah suasana romantis di pesta Anda. Namun yang harus dipersiapkan adalah tenda tempat tamu berteduh. Diskusikan dengan wedding planner dan pihak venue tempat Anda akan menikah. Jika kamu berada di sebuah resort, biasanya tersedia ruangan beratap untuk menampung para tamu dan memindahkan seluruh pesta.

  1. Angin

Kamu mungkin tidak pernah menduga kapan angin besar akan bertiup. Namun, cuaca berangin terkadang lebih buruk daripada hujan yang menerpa. Angin yang terlalu kencang bisa merusak dekorasi pernikahan yang ada hingga mengganggu tatanan rambut dan veil di kepalamu. Sebelum memilih lokasi pesta, jangan lupa untuk mengecek perkiraan cuaca dan kekuatan angin yang mungkin saja terjadi. Jika perkiraan cuaca tidak seperti yang kamu harapkan, lebih baik mulai merencanakan untuk mengadakan pesta di dalam ruangan.

persiapan-pernikahan-featured

 

Image: istockphotos.com

  1. Busana Pengantin

Kamu tidak akan pernah tahu apa yang mungkin terjadi dengan kancing dan restleting pada gaun atau kebaya pengantin Anda. Biasanya, jika kamu membuat busana pernikahan dengan bantuan desainer professional, pastikan sang desainer juga hadir di hari pernikahan. Kehadirannya saat kamu mengenakan busana pengantin akan menjadi tindakan preventif yang baik. Jika ada beberapa hal yang perlu langsung ditangani, desainer tersebut akan langsung tahu apa yang harus dilakukan. Selain itu, siapkan juga busana cadangan untuk para bridesmaid, groomsmen, dan keluargamu. Mungkin tak perlu menyiapkan satu busana cadangan untuk setiap bridesmaid atau anggota keluarga. Siapkan saja busana cadangan dengan ukuran all size, seperti misalnya gaun longgar yang dapat dipakai oleh siapa saja dengan warna yang netral dan serasi dengan tema pernikahan.

4. Tamu Tambahan

Selalu ada kemungkinan satu orang atau beberapa orang tamu  membawa satu tamu ekstra yang mungkin tidak kamu undang. Jika ini terjadi, tanyakan pada pihak katering jika mereka memiliki ruangan ekstra atau meja tambahan untuk tamu ini duduk. Untuk kebiasaan pernikahan di Indonesia, rencana tamu tambahan ini biasanya telah dipikirkan oleh pihak katering pernikahan dengan menggandakan jumlah pesanan makanan dan ruangan ekstra. Misalnya tamu yang kamu undang 500, maka harus menyediakan setidaknya 1000 pax. Bicarakan juga kemungkinan jika makanan yang kamu pesan tak semuanya dihabiskan oleh tamu. Kamu mungkin bisa membawa sisanya, atau bicarakan jika katering bisa memberi potongan harga jika beberapa makanan batal keluar.

  1. Terlambat

Jika jadwalmu terlambat dari agenda yang sudah dijadwalkan sebelumnya karena berbagai alasan seperti macet, yang kamu perlukan adalah menenangkan diri terlebih dahulu dan memikirkan acara cadangan untuk mengulur waktu. Konsultasinya dengan MC pernikahan agar tamu yang menunggu dapat melakukan kegiatan sementara pesta belum dimulai.  Satu hal yang paling penting, pastikan semua vendor diberi informasi mengenai keterlambatan ini, pastikan ada satu pihak yang bertanggung jawab untuk memberi tahu semua vendor agar dapat menyesuaikan diri pada jadwal awal yang sebelumnya disusun.

6. Ada Hal yang Terlupakan

Ini mungkin sangat jarang terjadi, tapi siapa bilang tak ada kemungkinan? Beberapa pengantin akan meneruskan pesta pernikahan tanpa ada masalah. Namun, jika kamu ingin mengantisipasi segalanya, berikan instruksi yang jelas pada tim wedding planner. Serahkan pada ahlinya agar kamu dapat menikmati hari pernikahan dengan lebih tenang.