Perlukah Menjadikan PMS Sebuah Alasan?

Just have fun, smile and keep putting on lipstick!

Premenstrual Syndrome atau yang biasa disebut PMS adalah tamu bulanan setiap perempuan yang kehadirannya nggak pernah menyenangkan. Banyak perubahan-perubahan yang dialami saat sedang PMS, dari yang kita rasakan secara fisik dan emosional. Saya yakin kita semua pasti sudah pernah mengalaminya.

Setuju nggak sih kalau terkadang kita sering menggunakan PMS sebagai pembenaran atau alasan yang nggak seharusnya? Misalnya, pacar dimarah-marahin, teman kantor juga kena omel, nggak berhenti ngemil. We blame it on PMS! Pembelaan diri kita pasti, “Ya udah lah ya, kan gue lagi PMS”. Lebih lucu lagi kalau sebenarnya jadwal menstruasi kita masih dua atau tiga minggu lagi mulainya. But somehow we just use PMS as an excuse because it’s the easiest thing for us to do. Hayo ngaku, siapa yang merasa pernah melakukan itu?

Yes, PMS is real. Bahkan keberadaannya pun dibenarkan oleh para peneliti. Emosi kita bisa naik turun, sakit kepala, kram perut  bisa disebabkan karena pengaruh hormonal yang dialami saat PMS. Banyak juga perempuan yang mengalami PMS dengan batas yang tidak wajar, seperti sakit kepala luar biasa, demam tinggi, bahkan sampai jatuh pingsan. So, kita yang mengalami PMS dalam batas wajar perlu merasa bersyukur karena kita masih bisa produktif dan aktif menjalani aktivitas sehari-hari.

Di ulang tahun yang ke-9, Female Daily mempersembahkan #ChooseYourPMS. Sebuah gerakan untuk mengajak perempuan Indonesia tetap ceria dan semangat menjalani hari, apapun kondisinya. Yuk, ubah mindset kita yang menjadikan PMS (Premenstrual Syndrome) sebuah alasan menjadi  PMS: “Powerful Message to Self.

Apa Powerful Message to Self  yang bisa membuat kamu ‘bangkit’ lagi saat mengalami bad day?  Bisa sesuatu yang kamu lakukan atau kamu pakai, seperti lipstick merah yang bisa membuatmu percaya diri. Atau mendengarkan lagu favorit kamu? Mungkin juga sebuah ucapan dari orangtua, atau berolahraga.  Ayo ikut gerakan #ChooseYourPMS dan tunjukkan kalau kamu tidak butuh banyak alasan untuk tetap positif! Untuk informasi lengkapnya mengenai gerakan #ChooseYourPMS kunjungi pms.femaledaily.com, temukan kekuatan dalam dirimu!