Cara Membersihkan Wajah yang Benar dengan Second Cleanser

By now, pasti kamu sudah paham cara melakukan double cleansing. Ada beberapa hal nih yang perlu kamu perhatikan saat melakukan second cleansing, alias membersihkan wajah setelah proses makeup removal.

Proses ini bisa jadi proses membersihkan wajah satu-satunya yang kamu lakukan di pagi hari, saat wajah bersih tanpa makeup dan mungkin hanya “kotor” oleh keringat dan sisa skincare malam hari. Banyak orang enggak terlalu berinvestasi dengan pembersih wajah, karena menganggap kalau bakal kebuang juga di saluran air :D Yah, buat saya sih yang penting mau mahal atau murah, intinya efektif dan cocok dengan kebutuhan kulit. Dan, tentu saja satu hal yang nggak kalah penting adalah cara membersihkan wajah yang benar.

Step ini penting banget, sih. Pernah dulu saya coba-coba hanya water washing di pagi hari, yang katanya bisa menjaga minyak alami kulit yang kita produksi di malam hari tetap terjaga sehingga skin barrier enggak cepat rusak. Eh setelah dua hari aja, pori-pori di sisi-sisi hidung saya lebih besar dan terasa banget clogging –” No more shortcut in the morning, at least for me!

Sebelum baca tipsnya, kamu bisa lihat dulu nih rekomendasi cleanser dari skincare guru kita, co-founder FD, Affi Assegaf.

cara-membersihkan-wajah-yang-benar-1Image: sugarscape

So, apa sih yang perlu diperhatikan saat membersihkan wajah dengan facial wash/ second cleanser?

1. Untuk efek membersihkan yang lebih maksimal, lakukan dalam keadaan wajah dan tangan yang kering. Alias tanpa membasahi cleanser dulu sebelumnya dengan air. Namun jika kamu punya kulit sensitif, agar tidak terlalu menggesek wajah, bisa juga membasahi wajah sedikit supaya lebih ada efek slip-nya di kulit.

2. Massage cleanser ke wajah, dan fokus pada bagian wajah yang paling berminyak. Kalau ada bagian wajah yang cenderung normal bahkan kering, massage di akhir proses membersihkan wajah, supaya tidak semakin kering.

3. Perhatikan area hidung dan sisi-sisinya. Bagian ini menguarkan paling banyak bakteri, no wonder biasanya lebih berminyak dan pori-pori di sekitarnya lebih besar.

4. Kalau kamu pakai facial wash berbahan aktif macam acid, mungkin kamu mau diamkan sedikit lebih lama di kulit agar efeknya bisa bekerja. You can massage your face up to a minute, namun ingat bahwa terlalu lama membersihkan wajah bisa mengeringkan kulit juga. Jadi baiknya memang bahan aktif diberikan pada wajah dalam produk-produk leave on, yang memang didesain untuk stay di kulit.