3 Langkah Mudah Mencegah Kulit Kering dan Flek Hitam

Kulit sering merasa seperti “ditarik”, terlihat garis-garis halus, dan makeup susah menempel? Ini adalah ciri-ciri umum kulit kering, yang kalau tidak diatasi bisa memicu flek hitam! Bagaimana cara mengatasinya?

Kulit kering bisa jadi karena faktor genetik atau dipengaruhi oleh kondisi tertentu. Faktor eksternal yang bisa membuat kulitmu kering antara lain adalah terlalu sering menggunakan produk-produk yang terlalu keras atau mengandung alkohol sehingga minyak alami di kulit menjadi tergerus. Jika tidak dirawat dengan baik, kulit yang terlalu kering bisa menjadi rentan akan munculnya flek hitam.

3 Langkah Mudah Mencegah Kulit Kering dan Flek HitamGunakan pembersih dengan tekstur balm atau oil

Untuk tipe kulit kering, produk pembersih yang direkomendasikan adalah yang berbentuk balm atau oil. Tekstur balm yang padat akan meleleh dan mengangkat kotoran tanpa menghilangkan minyak alami kulit. Jika kamu tidak menyukai pembersih berbentuk balsam, maka cleansing oil sudah jadi pilihan yang tepat. Selain bisa meluruhkan waterproof makeup secara efektif, cleansing oil juga

Selipkan hydrating mist sebelum memakai pelembap

Terkadang kulit kering butuh lebih dari satu produk untuk bisa melembapkan. Salah satu produk yang gampang digunakan dan juga multifungsi adalah hydrating mist, yang bisa kamu sisipkan sebelum memakai pelembap. Tidak cuma memberikan hidrasi ekstra, hydrating mist juga memberikan efek menenangkan dan mengurangi kemerahan pada kulit. Kalau kamu bermasalah dengan kulit kering yang mengelupas, menyemprotkan hydrating mist setiap beberapa jam sekali juga bisa membantu.

Perbanyak makan makanan yang menutrisi kulit

Makanan yang mengandung vitamin A dan E terkenal bisa melembapkan kulit dari dalam, jadi kamu bisa coba memasukkan ubi, wortel, brokoli, juga daun-daunan ke dalam menu makanmu setiap hari. Untuk yang hobi ngemil, bisa juga mengganti snack penuh MSG-mu dengan kacang-kacangan atau buah yang menyehatkan kulit. Rutin mengonsumsi suplemen yang mengandung antioksidan tinggi, seperti H2 Health & Happiness Fair Skin contohnya, juga dianjurkan karena suplemen ini mengandung Hytolive, L-cysteine & Vit C yang memang memiliki fungsi brightening untuk kulit.

Seperti yang kita semua tahu, flek hitam atau diskolorasi yang muncul akibat sinar UV akan lama sekali hilangnya. Salah satu hal yang membuat flek hitam semakin lama pudarnya adalah kondisi kulit yang kering, karena kulit kering tidak memproduksi kolagen yang cukup untuk regenerasi.

Karena itu, selain cara-cara di atas, kamu juga bisa menggunakan sheet mask seminggu sekali dan hindari menggunakan sabun muka yang terlalu berbusa. Untuk menyamarkan noda hitamnya sendiri bisa menggunakan DIY masker, kok. Campurannya bisa menggunakan bahan alami seperti lidah buaya atau madu. Selain itu, produk-produk skincare yang kamu gunakan juga harus bisa melembapkan dan jangan lupa perhatikan apa yang kamu konsumsi setiap hari. You are what you eat and what you eat will show up on your face!