Single Ingredient Oil Series: Rosehip Oil

Rosehip Oil sedang jadi perbincangan hangat di kalangan beauty enthusiast. Apa saja sih manfaat yang terkandung di dalam oil ini bagi kulit?

Courtesy of Livestrong

Rosehip oil adalah minyak yang didapatkan dari bunga mawar liar yang tumbuh di semak belukar seperti Rosa moschata atau Rosa rubiginosa dan Rosa canina. Minyak tersebut adalah hasil ekstraksi dengan cara cold-pressed buah bunga mawar dan bijinya terpisah dari minyaknya.

Minyak ini terkenal dengan kemampuannya untuk memperbaiki dan merejuvenasi kulit bermasalah, terutama membantu memperbaiki tekstur-tekstur jaringan kulit yang rusak sehingga tampak lebih baik. Rosehip oil kaya akan vitamin, antioksidan dan essential fatty acids yang menurut riset akan membantu juga untuk kulit kemerahan, gatal-gatal akibat alergi dan kekeringan.

Selain itu rosehip oil juga kaya akan vitamin C, jadi tidak heran kalau minyak tersebut bisa membantu mengatasi bintik-bintik hiram di wajah. Lycopene membantu memperbaiki kulit dan mempertahankan elastisitasnya, beberapa ulasan juga menyebutkan bahwa rosehip oil dapat membantu memperbaiki kerutan halus di wajah.

Kandungan tersebut banyak digunakan di berbagai macam produk dan terutama serum yang ditargetkan untuk memperbaiki kulit serta anti ageing. Menurut saya, minyak ini adalah salah satu single ingredient oil yang benar-benar memiliki manfaat paling banyak and it’s a really true potent ingredient.

Walaupun lebih baik jika dikombinasikan dengan kandungan lain, tapi jika masih di usia 20-an, bisa menggunakan produk ini untuk menjaga tekstur kulit dan juga mengatasi masalah-masalah wajah. Seperti misalnya apabila wajah terasa gatal-gatal dan kemerahan akibat alergi atau masalah eksternal serta mengatasi kemerahan yang diakibatkan karena bekas jerawat.

Karena lipid rosehip oil mirip dengan yang ditemukan di kulit kita, minyak ini menyerap lebih cepat ke kulit dan tidak menyumbat pori-pori. Selain itu komposisi Linoleic Acid lebih tinggi ketimbang Oleic Acid maka produk ini cocok sekali digunakan oleh kulit berminyak. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa produk ini bisa digunakan untuk mereka yang memiliki kulit kering dan normal. Saya sendiri termasuk penggemar berat rosehip oil karena minyak ini membantu menambah hidrasi kulit saya dan meredam kemerahan pada kulit. Sama seperti argan oil, minyak ini bisa digunakan sebagai serum atau pelembap baik siang atau malam hari.

Produk Rosehip Oil yang Patut Dicoba

Merek Trilogy yang berasal dari New Zealand adalah salah satu merek yang mempopulerkan rosehip oil sehingga mendunia seperti sekarang ini. Di Indonesia dan khususnya di Female Daily merek ini adalah yang paling populer jika membicarakan tentang rosehip oil, buktinya ulasannya di Female Daily Reviews mendapatkan 4.2 bintang. Saya sendiri lebih menyukai versi Trilogy Rosehip Oil Antioxidant+ karena ada kandungan tambahannya.

Rosehip Oil Pai Kora

Jika ingin mencoba produk lain, Pai Rosehip BioRegenerate Oil (USD 40 untuk 30 ml) yang terkenal sebagai salah satu rosehip oil dengan kualitas paling bagus di pasaran could be the next best thing. Produk tersebut dinominasikan sebagai produk baru dari skincare organik tersertifikasi yang akhirnya dikalahkan oleh Trilogy. Kalau melihat dari harganya, Trilogy dijual dengan harga USD 24 untuk 20ml. Jadi sebenarnya perbedaannya tidak begitu jauh. Look at that bright orang liquid. Don’t you just want to slather it allover your face?

Pilihan lainnya jatuh pada Kora Organics Miranda Kerr Luxurios Rosehip Oil (AUD 49.95 untuk 15 ml) dengan teksturnya yang terasa ringan dan lebih mewah. Miranda Kerr memang salah satu selebriti yang sangat memuji-muji rosehip oil, jadi tidak heran kalau akhirnya ia juga ikut turun tangan ke pasar ini dan mungkin bisa mengulang kesuksesan teman seprofesinya Josie Maran dalam membangun label skincare natural. Walaupun produk ini belum secara resmi ada di Indonesia tapi merek ini bisa dibeli di Ben Scrub.