Usia 20-an: Kapan Harus Mengeluarkan Budget Lebih Untuk Skincare?

Kemarin, saat saya sedang ngobrol-ngobrol tentang skincare di group chat, seorang teman bertanya, “Budget skincare lo semua tuh, berapa sih? Gede, ya?”

Hmm, boleh juga pertanyaannya. Nggak bisa bohong sih, kalau sekarang ini kita gampang banget terhasut untuk membeli skincare baru. Entah dari baca-baca review, ngobrol di forum, atau melihat produk-produk yang baru masuk ke online shop langganan kita. Produk yang nggak ada di Indonesia kini bisa dibeli dengan mudahnya dan membuat wishlist kita nggak habis-habis. Semua mau dicoba!

Menurut saya, memilih produk skincare memang nggak semata-mata hanya bergantung pada budget. Yang diprioritaskan tentu kebutuhan dan kondisi kulitnya dulu.

Usia 20-an: Kapan Harus Mengeluarkan Budget Lebih Untuk Skincare?Cleanser dan face wash

Untuk usia 20-an, kalau memang selama ini kamu memakai face wash dari drugstore yang murah meriah dan kulit baik-baik saja, silakan dilanjutkan. Beda cerita kalau kulit kamu super sensitif seperti kulit Netta, yang bisa jadi sangat kering atau berjerawat jika salah pakai sabun cuci muka. In that case, opt for a gentle cleanser that is free from irritating ingredients like fragrance, alcohol, SLS, and many more. Kadang, brand-brand yang produknya bebas dari irritating ingredients ini harganya sedikit lebih mahal dan banyak yang belum tersedia di Indonesia. Untuk yang gampang dicari di sini, kamu bisa mencoba Avene atau Hada Labo. Recommended, kok!

Acid toner dan hydrating toner

Kalau kamu seperti saya (lah, nyari temen) dan bermasalah dengan bekas jerawat, acid toner mungkin bisa jadi focus product dalam skincare routine kamu. Ini karena acid toner berfungsi untuk memudarkan bekas jerawat dan memicu lahirnya sel kulit baru yang sehat. Acid toner yang mendapat review bagus dari member Female Daily dan direkomendasikan our skincare guru, Affi, memang banyak yang high-end, walaupun ada juga yang affordable seperti Hada Labo Mild Peeling Lotion, Benton Aloe BHA Skin Toner, atau Cosrx AHA/BHA Clarifying Treatment Toner.

Usia 20-an: Kapan Harus Mengeluarkan Budget Lebih Untuk Skincare?

Serum

Nah, jika ada budget lebih, disarankan untuk mengalokasikannya pada produk-produk serum. Kenapa? Di dalam serum, kandungan bahan aktif seperti retinol, hyaluronic acid, vitamin C, dan bahan-bahan lain yang bermanfaat bagi kulit jumlahnya lebih tinggi dibanding produk skincarenya lainya. Untuk yang kulitnya bermasalah, serum juga bisa membantu mengatasi masalah seperti dehidrasi, warna tidak merata, bahkan memperbaiki tekstur kulit yang rusak. Kebanyakan serum juga diformulasikan dengan teknologi canggih sehingga bahan-bahan aktif di dalamnya bisa bekerja maksimal dan terserap dengan baik oleh kulit.

Kalau kamu sendiri, paling banyak mengeluarkan budget skincare untuk produk apa? Share di bawah ini, ya!